ANALISIS FITUR E-LEARNING PADA KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN FRAMEWORK CONTENT-UNDERSTANDING-ENVIRONMENT

Fendy Tay, Senie Destya

Sari


Penerapan kurikulum 2013membutuhkan banyak perubahan dalam beberapa segmen, antara lain pada model pembelajaran berupa tematik-integratif, pendekatan saintifik, strategi aktif, dan penilaian autentik. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang media pembelajaran berbasis teknologi, proses pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning dilakukan dengan metode pengidentifikasian fitur yang disesuaikan agar dapat menunjang proses pengajaran Tematik integratif yang digunakan pada kurikulum 2013. Pada jurnal ini peneliti menganilisis kebutuhan fitur media pembelajaran dengan acuan model Framework Content Understanding Environment.
Hasil analisis fitur tersebut kemudian disajikan dalam bentuk konstruksional desain yang disesuaikan dengan materi kelas I SD Tematik 1 Kompetensi dasar 2 & 3 sehingga dapat langsung diterapkan oleh para programmer untuk diwujudkan menjadi sebuah e-learning kurikulum 2013.

Kata Kunci


Analisis fitur; Kurikulum 2013; Framework CUE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nugroho, Taufik., 2013, Pendekatan Scientific Model dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Widyaiswara Muda P4TK Bahasa.

Mursid R., 2013, Pengembangan Strategi Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Menyongsong Kebijakan Kurikulum 2013, Proceedings Semnas IPTPI dan Pascasarjana

Universitas Negeri Jakata, Jakarta. : 261 – 274.

Dimyanti dan Mudjiono, 2010, Belajar dan Pembelajaran Penerbit Rineka Cipta, April 2010,.h.16

Widodo Jahja Rohani, 2010, E­Learning For Improvement Quality Of The Indonesian Human Resources. TELKOMNIKA. : 1693­6930.

Pujiastuti P, 2013, Pengembangan Model Pembelajaran Integratif (Science Process Skills, Cmap Tools, dan CUE

Framework) Guna Membekali Kemampuan Pembelajaran Tematik. Penelitian Fundamental, November 2013. h.45-46.

Tweed, Anne., 2009,Designing effective science instruction: What works in science classrooms . NSTA Press.

Syaukani, Muhammad., 2010 ,Sistem Penerjemah Inggris­Indonesia Pada Aplikasi Chattingberbasis Web Menggunakan Pendekatan Aturan. TELKOMNIKA.:1693­6930.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241