Sosialisasi Budaya Menabung di Lembaga Keuangan Syariah

Bagus Riski, M. Abrar Kasmin Hutagalung

Sari


Lembaga keuangan syariah adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan dan berpegang pada prinsip syariat Islam dalam menjalankan usahanya. Sementara menurut Dewan Syariah Nasional (DSN), Lembaga Keuangan Syariah adalah lembaga keuangan yang mengeluarkan produk keuangan syariah dan telah mendapat izin operasional sebagai LKS. Artinya, selain beroperasi dengan prinsip syariat Islam, lembaga tersebut juga harus terjamin legalitas operasinya. Industri Perbankan syariah merupakan industri yang melayani berbagai bentuk transaksi keuangan. Industri perbankan syariah ini menghimpun dana dari masyarakat dengan menyediakan bentuk produk  funding  seperti melalui tabungan, giro, dan deposito syariah. Khalayak sasaran dari pengabdian ini adalah siswa/i SMK Bina Satria. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada saptu tanggal 26 Februari 2022, di SMK Bina Satria, Kec. Medan Marelan, dengan diikuti oleh siswa/i Kelas XII SMK Bina Satria, dari hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah diskusi Gerakan Budaya Menabung Di Lembaga Keuangan Syariah yang dapat meningkatkan pemahaman dalam hal menabung di Perbankan Syariah, Yang diharapkan menjadi salah satu solusi persiapan tabungan pendidikan untuk melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi, ditengah pandemi dan krisis yang sedang terjadi.


Kata Kunci


SMK Binasatria; Gerakan Budaya Menabung Di Lembaga Keuangan Syariah;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Masysud. 2006. Manajemen Risiko Strategi Perbankan dan Dunia Usaha Menghadapi Tantangan Globalisasi Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Antonio, Muhammad Syafi’I. 2001. Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insan.

Soemitra, Andri. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia

Rahman, Aulia Fuad dan Ridha Rochmanika. 2012. Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Rasio Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Rahman, Aulia Fuad dan Ridha Rochmanika. 2012. Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, dan Rasio Non Performing Financing Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Tim Otoritas Jasa keuangan, 2013. Strategi Nasional Literasi Keuangan, Jakarta, Direktorat

Informasi dan Edukasi OJK.

Azwar, Saifuddin, 1995, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Nova, Yulia, 2011, Pengaruh Pengetahuan, Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Preferensi Nasabah Dalam Mengambil Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah, Tesis, Universitas Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.