Identitas Budaya Batak Toba Dalam Struktur Mise En Scene Pada Film Lamaran
Sari
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bentuk identitas budaya Batak Toba yang terdapat dalam sturuktur mise en scene pada film Lamaran. Struktur mise en scene merupakan merupakan segala sesuatu yang terlihat di depan kamera yang siap diambil gambarnya. Melalui struktur mise en scene tersebut akan didapat bentuk wujud dari identitas budaya Batak Toba yang ada pada film Lamaran. Film Lamaran merupakan sebuah film dengan genre drama komedi. Film Lamaran disutradarai oleh Monty Tiwa yang diproduksi pada tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kualitatif dengan teknik mendeskripsikan objek penelitian dan semua data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas budaya Batak Toba terdapat pada tiga unsur yang ada dalam struktur mise en scene. Unsur tersebut adalah setting dengan latar motif ukiran gorga, kostum dan tata rias tokoh yang mengenakan kain ulos dengan tata rias yang natural, dan pemain dan pergerakan yang mencerminkan sistem kekerabatan masyarakat Batak Toba.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
BUKU
Amura. (1989). Perfilman di Indonesia. Jakarta: LKMII.
Hutapea, I.M.T & Marbun, M.A. (1987). Kamus Budaya Batak Toba. Jakarta: Balas Pustaka.
J.P. Sitanggang. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
McDonald, T. J. (2010). Exploring Costume and Transformation. London New York: I.B Tauris.
Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film, Yogyakarta: Montase Press.
Pratista, Himawan. (2017). Memahami Film Edisi 2, Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Santosa. (2012). Komunikasi Seni (Aplikasi dalam Pertunjukan Gamelan). Surakarta: Isi Press Surakarta.
JURNAL
Andriyanti, S. (2008). Kontinuitas Gorga Batak Toba. Pantun Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 1(19), 132–144.
Arsi, M., & Sobur, A. (2019). Makna Identitas Budaya Dan Konflik Antaretnis Dalam Film “ Crazy Rich Asians .” 12(1), 46–60.
Harahap, D. (2016). Implikasi Sistem Kekerabatan Dalihan Na Tolu (Studi Pada Keluarga Urban Muslim Batak Angkola Di Yogyakarta). Riset, Xii(1), 121–134.
Santosa, B. (2006). Bahasa Dan Identitas Budaya. Sabda, 1(September).
Sipahutar, A. (2017). Nilai Budaya Keluarga Batak Toba Di Kelurahan Sail Tenayan Raya. Jom Fisip, 4(2), 1–14.
Sugihartoni, R. A., & Sintowoko, D. A. W. (2014). Kostum Dalam Membangun Karakter Tokoh Pada Film Soekarno. Capture, 6(May).
Saragi, Daulat. (2008). Filosofi Gorga, Makna Komunikasi Visual Yang Dicetak Dalam Hati Hingga Dicetak Dengan Teknik Digital. Seni Rupa Fbs Unimed, 5(2).
Thalib, A. A. (2017). Isu-Isu Identitas Budaya Nasional Dalam Film “ Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck .” Satwika, 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.5.2.2020.123-137
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.