KONSEP KREATIF PENDEKATAN PARODI DALAM IKLAN TELEVISI DJARUM 76

Suryanto Suryanto

Sari


Konsep kreatif pendekatan parodi merupakan konsep kreatif yang efektif apabila diterapkan dalam sebuah iklan di televisi. Dua unsur televisi adalah audio dan visualnya yang mampu menumbuhkan empati dan simpati dari pemirsanya. Konsep ini memiliki sense of homour, mengandung kritikan atau ejekan, visual yang hiperbola, dan mengimitasi tokoh terkenal. Konsep kreatif pendekatan parodi dalam iklan Djarum 76 versi trilogi kontes jin dengan slogan “saya kasih satu permintaan” yang diimplementasikan dalam bahasa verbal yang memuat kritikan, ejekan terhadap kebiasaan masyarakat. Sedangkan implementasinya terdapat pada aspek visual yang berlebihan, mengandung ironi, penggunaan talent yang mengimitasi kebiasaan masyarakat, menghilangkan benda-benda secara cepat, budaya masyarakat serta permasalahan politik.


Kata Kunci


Iklan Djarum 76; Konsep kreatif; Pendekatan Parodi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bolen, William H., 1984, Advertising 2ed, United States: Section

Burnett, John, Sandra Moriarty, William Wells, 1998, Advertising Principles, United States: Printice Hall.

Hutcheon, Linda, 1985, A Theory of Parody : The Teachings of Twintieth-Century Art Forms. New York et Londres, Methuen

Johnson, Carla, Lee Monle, 2004, Prinsip-prinsip Periklanan dalam Perspektif Global, Jakarta: Prenada.

Kasali, Rheinald, 1992, Manajemen Periklanan. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Lasswell, Harold, 1997, The Structure and Function of Communication in Society, United States: Prentice Hall.

Moleong, Lexy J, 2008, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Marketing Edisi Maret 2011, Jakarta

Shimp, Terence A., 2004, Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Erlangga

Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. 2002 Remaja Rosdakarya. Sylvie, Jean, 2011, Brand Parody: a communicaton strategy to attack competitor, The Journal of Consumer Marketing

Tinarbuko, Sumbo, 1995, Wanita Dalam Iklan. Bandung: Makalah Desain Dan Kebudayaan, Program Magister Seni Dan Desain ITB.

-----------2007, Eksekusi Iklan Televisi dengan Pendekatan Parodi. Yogyakarta: Jurnal Ilmu Komunikasi.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY.

Wirartha, I Made, 2006, Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.Bandung: Rosdakarya

Zinkhan, Goerge M. Johnson, Madelin, 1994, Humour in Advertaising, Journal of Advertising.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.2.2019.174-185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter