RE-BRANDING IDENTITAS LOGO ABIDAUFA
Sari
Artikel ini membahas perancangan kembali desain branding identitas desain logo Abidaufa. Peran branding dan desain dalam proses pembentukan identitas/citra. Disebabkan makin meningkatnya kompetisi antar produsen. Abidaufa adalah sebuah brand nama dari industri rumahan bergerak dibidang fashion kulit, yang berada di jalan Amal (Jl. Puskesmas) Medan-Binjai. Abidaufa berdiri pada bulan Oktober 2013, hingga kini telah memproduksi aneka kerajian dari kulit, berupa dompet, ikat pinggang, tas, dan tali jam tangan. Adapun bahan kulit yang diproduksi berasal dari kulit sapi, kulit ikan pari, kulit biawak dan kulit ular. Sebagai industri rumahan, Abidaufa telah berhasil menarik minat pembeli melalui hasil karya yang diproduksi. Pembeli datang tidak hanya dari daerah Kota Medan saja melainkan dari luar kota. Abidaufa telah memiliki logo, tetapi logo Abidaufa belum memiliki mewakili karakter, visi, dan misi dari usaha yang dijalankan, maka dengan itu dilakukan rebrending logo sesuai karakter yang mewakili visi dan misi dari Abidaufa. Pada perancangan logo Abidaufa, berdasarkan analisis studi literartur yang relevan memakai metode 5W+1H, logo menggunakan konsep warna, tipografi, dan jenis komposisi yang memberikan kesan profesional sesuai dengan visi dan misi Abidaufa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Jurnal :
D.W. Utami, Athika, Lukman Hakim. 2016. Perancangan Desain Logo Lbh Sandhi Wafa & Partners Counselor & Attorneys At Law Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Sidoarjo.
Artikel ilmiah:
Iskandar, Riki. (2016). Rancangan Brand Indentity Songket Silungkang Kota Sawahlunto. Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Tesis
Jurnal :
Kurniawan, Denny. 2008. Perancangan Logo Dan Maskot Untuk Mendukung Promosi Wisata Kuliner Malam Warung Tradisional Di Surabaya Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain. Surabaya:Universitas Kristen Petra.
Lip, Evelyn. 1996. Desain dan Feng Shui. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Buku :
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset
Jurnal :
R.W. Ratranto, F.X, Agus Rahmat, Yanti Setiani. 2012. Simbolisasi Logo Maicih For Ichiers With Love Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Suwardikun, W. Didit. 2002. Perubahan Logo Perusahaan, Sebuah Analisis Visual (Studi Kasus : PT. Astra Internasional, Garuda Indonesia, Unocal 76). Tesis, FakultasSeniRupa dan Desain, Desain Komunikasi Visual, InstitutTeknologi Bandung, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.105-117
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.