PERANCANGAN MEDIA T-SHIRT SEBAGAI SOUVENIR SANGGAR REOG PASAR GUNUNG KABUPATEN LANGKAT

Joko Bintarto, Zainal Warhat, Agung Eko Budi Waspada

Sari


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Sanggar Reog Pasar Gunung Kabupaten Langkat, bahwasanya sanggar reog mengalami pertumbuhan yang pesat. Untuk memperkenalkan Sanggar Reog Pasar Gunung maka dibuat Souvernir. Pemilihan media T-shirt sebagai souvenir merupakan strategi branding Sanggar Reog Pasar Gunung. T-Shirt adalah media penyampaian yang paling efektif dikarenakan media ini bisa dipakai serta pesan yang disampaikan lebih leluasa.   Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode kualitatif . Data yang diperoleh melalui hasil studi literature, observasi, dan wawancara dengan lingkungan masyarakat Jawa. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah respon positif dan mendukung dibuatkan souvernir berupa T-shirt. Konsep yang dihasilkan rasa kidung yang mengartikan keseriusan dalam memelihara dan mempertahankan serta memperkenalkan tradisi reog walaupun tradisi ini diluar daerah asalnya yaitu ponorogo. Melalui ilustrasi tokoh-tokoh reog dengan gaya t-shirt grafik yang disertai tagline atau slogan dalam media t-shirt dapat memberikan brand image bagi sanggar agar dapat dikenal oleh lingkungan masyarakat serta secara tidak langsung sebagai media promosi Sanggar Reog Pasar Gunung

Kata Kunci


T-shirt; Suvenir; Sanggar Reog Pasar Gunung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desain Produk Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 2016. JURNAL SAINS DAN SENI ITS Vol. 5, No.2, 2337-3520.

Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Universitas Kristen Petra. 2014. Jurnal DKV Adiwarna Vol. 1, No.4.

Walker, J. R., 2009, Introduction to Hospitality. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Zullaikha, Ellya & Brereton, Margot, 2011, Innovation Strategies for Developing The Traditional Souvenir Craft Industry. Brisbane,Australia.

Tourism Business Toolkit, Volume 1: A Guide To Understanding Tourism Industry

Collins-Kreiner, Noga & Zins, Yael, 2011, Tourist and Souvenirs -Changes Through Time, Space and Meaning. Department of Geography and Environmental Studies, University of Haifa, Haifa, Israel.

Schluter, Regina G, 1997, The Role of T-Shirts In The Creation of Tourist Destination Images. Buenos Aires, Argentina.

Dwibayu. (2013). Kaos Polos, Identitas dan Berekspresi. Novelthy T-shirt. [Onlie].

Tersedia:

http://rumahkaosmurah.wordpress.com/2013/07/30/kaos-polos-identiitas-dan-

berekspresi/ 06 Juli, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.1.2017.44-54

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter