ANALISIS MAKNA BHINEKA TUNGGAL IKA DALAM IKLAN EDISI “BU LINDA” PADA YOUTUBE CHANEL BUKALAPAK

Muhammad Rusdi Tanjung

Sari


Iklan selalu memiliki pesan tersembunyi dalam penyampaiannya. Bukalapak adalah web commerce yang berkembang pesat di Indonesia saat ini. Penelitian ini mengambil iklan yang tayang pada youtube chanel Bukalapak edisi “bu Linda” yang dipublikasi pada 26 Januari 2017, iklan ini bertemakan perayaan Imlek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna Bhineka Tunggal Ika yang terkandung didalam iklan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian fokus pada adegan-adegan didalam iklan yang merepresentasikan makna kebhinekaan. Iklan ini menjadi menarik dianalisis karena menggambarkan tali persaudaraan tidak harus dari kesamaan keyakinan, tetapi dapat dari perbedaan keyakinan, baik suku, agama, dan etnis/ras. Hasil dari analisis iklan pada youtube channel Bukalapak edisi “bu Linda” ini ditemukan beberapa pemaknaan sebagai berikut : (1) Pertalian Antara Ibu Dan Anak, (2) Sahabat Adalah Saudara, (3) Perbedaan Keyakinan Tetap Bersaudara.

Kata Kunci


semiotika komunikasi; makna Kebhinekaan; iklan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiman, Manneke. 2001. “Semiotika dalam Tafsir Sastra: Antara Riffaterre dan Barthes”dalam Bahan Pelatihan Semitika. Jakarta: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya LPUI.

Bogdan, Peter dan Steven, J. Taylor. 1992. Introduction to Qualitative Researh Methods: A Phenomenological Approach in The Social Science. Arif Furchan, penerjemah. Surabaya: Usaha Nasional.

Frank F. Jefkins. 1982. Introduction to Marketing, Advertising, and Public Relation. London: Macmillan Press Ltd.

Hoedoro, Benny. 2014. Semiotik dan dinamika Sosial Budaya. Edisi ketiga, Depok: Komunitas Bambu.

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ciawi: Ghalia Indonesia.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. HIPERSEMIOTIKA : Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, pengantar : bambang Sugiharto. Yogyakarta: Jalasutra.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Cetakan ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wahyuningsih, Sri. 2013. Desain Komunikasi Visual, Bangkalan, UTM Press.

Gaprita, Giska. 2014. Analisis Tanda Verbal Iklan Smartphone NTT DOCOMO di Media Televisi Jepang: Kajian Semiotik

Wahyuningsih, Sri. 2014. KEarifan Budaya Lokal Madura Sebagai Media Persuasif (Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam Iklan Samsung Galaxy Versi Gading dan Giselle di Pulau Madura)

Representasi Budaya Indonesia pada Iklan Kopi Kapal Api Versi “Secangkir Semangat Untuk Indonesia” di Televisi Swasta).

Online:

Avit Hidayat, 2 juni 2015 https://www.tekno.tempo.co/read/news/2015/06/02/072671421/begini-kisah-zaky-membangun-bukalapak-com diakses pada 12 Agustus 2017.

www.id.wikipedia.org/wiki/Bhinneka_Tunggal_Ika diakses pada 17 September 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.2.2017.206-216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter