PENGOLAHAN LIMBAH SERBUK KAYU MENJADI BAHAN MEBEL

Rani Hermita

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah serbuk kayu menjadi bahan pembuatan mebel, serbuk kayu bukan hal yang asing lagi dikalangan para pengerajin mebel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berkembangnya industri furniture dan kerajinan mebel menjadi awal menumpuknya serbuk kayu. Dari berbagai industri pengolahan yang berbahan dasar  kayu yang  menghasilkan  sedikitnya  4  ton  serbuk  kayu setiap harinya dri berbagai daerah. Jumlah yang sangat besar ini menjadi perhatian tersendiri oleh para pengerajin mebel dalam penanganannya. Selain serbuk kayu yang semakin meningkat kebutuhan mebel juga semakin meningkat. Dengan kebutuhan mebel yang semakin meningkat persediaan bahan dasar pembuatan mebel pun semakin sedikit seperti kayu. Sehingga menjadi suatu masalah atau kendala yang dihadapi para pengerajin mebel dengan berkurangnya bahan dasar pembuatan mebel. Untuk memenuhi kebutuhan mebel di pasaran maka ditemukan inovasi baru untuk Menyiasasi kebutuhan mebel yang semakin meninggkat yaitu dengan mengganti kayu dengan serbuk kayu menjadi bahan dasar pembuatan mebel. Selain dapat memenuhi bahan dasar pembuatan mebel maka limbah dari serbuk kayu dapat dimanfaatkan mengurangi limbah dari serbuk kayu tersebut.

Kata Kunci


Limbah Serbuk Kayu; Mebel; Metode Kualitatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ikhsan, Saifuddin Muhammad, Edison Bambang, Fahmi Khairul. (2014). Pengaruh Penambahan Campuran Serbuk Kayu Terdahap Kuat Tekan Beton Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian.

Sutopo, Trias Wurgandini, Abdul Harits Amrullah. (2015). Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Sebagai Produk Kerajinan Dan Asesoris Interior Dengan Teknik Cor Dan Press Di Desa Panggungharjo, Bantul Yogyakarta Jurusan Kriya, Institut Seni Indonesia: Yogyakarta

Tjetjep Rohendi Rohidi. (2000). Kesenian Dalam Pendekatan Kebudayaan. STSI Bandung Press: Bandung.

Wijaya, Cindy., Yusita Kusumarini., Filipus Priyo Suproho. (2015). Perancangan Portable Folding Furniture Untuk Interior Apartemen Tipe Studio. Jurnal Intra Vol.3,No.2,(2015)9-17.

Wulandari, Indrarini Feny. (2011). Pengaruh Penambahan Serbuk Gergaji Kayu Jati (Tectona Grandits L.f), Pada Paduan Tanah Liat Abu Sampah Terhadap Kualitas Batu Bata Merah di Kabupaten Karang anyar. Dalam Skripsi: FMIPA, UNS.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mebel diakses pada tanggal 17 Januari 2016.

https://jasafurniture.wordpress.com/bahan-baku-furniture/ diakses pada tanggal 17 Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.1.2016.01-12

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter