PENGARUH DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Sri Wahyuni Panjaitan

Sari


Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh desain interior perpustakaan terhadap kenyamanan pengguna di perpustakaan Universitas Potensi Utama dan untuk mengetahui elemen-elemen desain interior yang berpengaruh pada kenyamanaan pengguna. Perpustakaan sebuah perguruan tinggi merupakan sebuah wadah untuk menemukan ilmu pengetahuan dan sumber informasi lainnya. Perpustakaan pada sebuah perguruan tinggi merupakan tempat yang penting untuk dipenuhi sehingga dapat mendukung proses belajar mahasiswa, disana mereka dapat menemukan ilmu pengetahuan dan sumber informasi lainnya. Hal  yang harus diperhatikan agar pengunjung betah berlama-lama di perpustakaan adalah elemn-elemen desain interior sehingga dapat menciptakan kenyamanan di perpustakaan, karena desain interior merupakan hal yang penting untuk merancang suatu bangunan seperti perpustakaan. Rancangan bangunan perpustakaan perlu diperhatikan setiap fungsi ruangannya, kenyamana, keharmonisan dan keindahan ruangan dari segi interior. Ruang perpustakaan akan terlihat nyaman bagi pengunjung ketika ruang tersebut ditata dengan memperhatikan tata letak, warna, suhu udara, dan pencahayaan. Kenyamanan pengunjung ataupun pengguna perpustakaan dapat dilihat dari elemen desain interior seperti tata letak, warna,suhu udara, pencahayaan yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa desain interior perpustakaan Universitas Potensi Utama dapat dikatakan baik seperti suhu udara, pewarnaan, pencahayaan, namun tata letak meja dan kursi tidak memberikan kenyamanan.

Kata Kunci


kenyamanan pengguna; desain interior

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. 1986. “Pengetahuan Praktis Bagi Pustakawan”. Dalam http://digilib.uinsuka.ac.id/8124/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFT AR%20PUSTAKA.pdf Diakses pada tanggal 7 Agustus.

Suwarno, Wiji. 2009. “Psikologi Perpustakaan”. Jakarta: Sagung Seto.

Lasa H.S. 2005. “Manajemen Perpustakaan”. Yogyakarta: Gama Media.

Nurhayati Hs. Arifin, 2004. “Penataan Taman Di rumah Tinggal”.Jakarta: Gramedia.

Cohen, Andrew D. 1994. “Assesing Languange Ability in the Classroom. Second Edition”.Boston: Heinle & Heinle Publishers.

Suptandar, J. Pamudji. 1995 ”Manusia Dan Ruang dalam Proyeksi Desain Interior”. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara.

Cecilia Kugler. 2007. “10 Interior Design Consideration and Developing Brief”.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.1.2.2016.142-152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter