PEMANFAATAN MODEL 3 DIMENSI UNTUK INFORMASI WISATA KOTA MEDAN (Studi Kasus: Kawasan Medan Heritage)
Sari
Kota Medan memerlukan informasi kawasan wisata dalam bentuk visualisasi Model 3 dimensi. Model 3 dimensi sangat penting untuk memberikan informasi keadaan wilayah dan fasilitas yang ada di tempat wisata serta untuk mempersiapkan diri dalam melakukan wisata. Proses penelitian melibatkan proses perancangan yaitu pembuatan media informasi wisata kota medan dengan merancang model 3 dimensi pada kawasan wisata Medan Heritage, dimana pada kawasan tersebut terdapat bangunan bersejarah yang memiliki nilai historis tinggi yang dapat memberikan ciri khas dan keunikan kota Medan dan membangun citra wisata heritage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Desain (Desain Komunikasi Visual) melalui tahapan Analisis, Sintetis dan Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah karya model 3D kawasan Medan Heritage sebagai kawasan wisata dengan bangunan bersejarah di kota medan seperti Istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun, PT. PP London Sumatera, dan Kantor Pos agar seperti aslinya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku :
Ahmed, Z.U. 1996. The Need for the Identification of the Constituents of a Destination's Tourist Image: A Promotion Segmentation Perspective., Vol.14 No.1, Journal of Professional Services Marketing.
J.F. Fleron. 2009, Google SketchUp: A Powerful Tool for Teaching, Learning and Applying Geometry. Westfled: Westfled State College.
Hall, C. M., & McArthur, S. (1996). Heritage Management: An Introductory Framework. Auckland: Oxford University Press.
Jurnal :
Bintarto, 2020, Pemanfaatan video Animasi 3D sebagai Media Promosi Wisata Kota Medan. Vol.9 No.1, Jurnal Visualita.
Ladkin, A. 2000, Research into Consumer Behaviour and Value Systems of Ecotourists. Vol.2 No.3, The International Journal of Tourism Research.
Said, Abdul Azis dan Cahyadi, Dian (2017). Design Of Learning Media with Visual Communication Design Methodology. International Conference on Education, Science, Art and Technology. ISSN 2581-1886. Vol 1, No. 1. Hal. 1-7.
Yim, M.Y.C., Cicchirillo, V.J., Drumwright, M.E. 2012. THE Impact of Stereoscopic Three-Dimensional (3-D) Advertising: The Role of Presence in Enhancing Advertising Effectiveness. Vol.41 No.2, Journal of Advertising.
Prosiding Seminar :
Leonard. 2013. Pemanfaatan Model 3D untuk Penyebaran Informasi dalam Industri Pariwisata. Proceeding Seminar Inovasi Teknologi dan Rekayasa Industri, Universitas Andalas, Padang, 2 Juli 2013
Skripsi :
Ginting, Amrikahfi. 2018. Animasi 3D Menggunakan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Warisan Budaya Kota Medan Kawasan Kota Matsum dan Kesawan.Skripsi.Universitas Sumatera Utara.
Sumber Online/Internet :
Enscape Daring. (n.d.). Diambil 29 September 2020, dari https://enscape3d.com/do
Pemerintah Medan (2020). Wali Kota Buka Seminar Akhir Hasil Penelitian Bangunan Bersejarah di Medan. Pemkomedan.go.id. Diakses 10 Febuari 2021 . wnload/.
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.5.2.2020.209-216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.