Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Desa Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

N. Nelis Febriani SM, Teuku Mufizar, Dikdik Muhammad Siddiq

Sari


Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam penentuan peringkat dengan cepat serta dapat mengetahui nilai tertinggi sampai terendah di dalam sebuah seleksi. Persoalan yang dihadapi di dalam Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya adalah bagaimana memilih kinerja desa yang terbaik di dalam Kecamatan dan untuk melakukan seleksi masih dilakukan dengan cara manual sehingga proses penilaian menjadi lama. Oleh karena itu dibuat sebuah Sistem yang mendukung keputusan yang dapat membantu proses penilaian dan dimana Sistem Pendukung Keputusan yang dilakukan ini menggunakan metode MOORA. Metode MOORA digunakan untuk menguji coba di dalam correctness yang bertujuan untuk mengetahui akurasi nilai yang diperoleh oleh sistem dan uji coba modifikasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak kriteria yang dapat ditambahkan.

Kata Kunci


Metode MOORA; Sistem Pendukung Keputusan; Penilaian Kinerja Desa;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Samuel Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode MOORA,” SIMETRIS, Vol. 9, No. 1, ISSN: 2252-4983, 2018.

. Chintya Irwana, Zaki Faizin Harahap dan Agus Perdana Windarto, “SPK : Analisa Metode MOORA Pada Warga Penerima Bantuan Renovasi Rumah,” JTI, Vol. 10, No. 1, 2018.

. O. S. Vaidya dan S. Kumar, “Analytic hierarchy process: An overview of applications,” Eur. J. Oper. Res., Vol. 169, No. 1, 2006.

. Broto Poernomo T.P M.Kom, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru di Departemen Kehakiman Timor-Leste Dengan Menggunakan Metode SAW,” POSITIF, Vol. 3, No. 1, 2017.

Mohammad Irwan Ukkas, Ekawati Yulsilviana dan Muhamad Ghafur, “Sistem Penunjang Keputusan Menentukan Pilihan Asuransi Investasi Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial,” SEBATIK STMIK WICIDA.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.10.1.2022.100-109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter