Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Aceh Berbasis Flash

Muhammad - Fauzi

Sari


Aceh dikenal memiliki kesenian yang beragam. Seperti halnya alat musik Aceh yang kini tetap dilestarikan menjadi warisan budaya. Beberapa alat musik dari Aceh yaitu tambo, canang kayu, Arbab, Rapai, Geundrang (gendang), Serunee Kalee (Serunai), dan masih banyak lagi. Pelestarian ini dikarenakan alat musik ini sudah tidak digemari lagi oleh generasi pada zaman sekarang maka dari itu dalam penelitian ini penulis ingin menciptakan aplikasi yang dapat mempertahankan eksistensi alat musik aceh pada generasi zaman sekarang. Metode pengembangan yang digunakan dalam sistem ini adalah metode Waterfall. Sistem ini dapat diimplementasikan pada sistem pembelajaran dengan perangkat pc atau laptop sebagai medianya dan digunakan sebagai bahan pembelajaran pada siswa sekolah dasar atau menengah pertama. Dengan aplikasi ini diharapkan alat musik tradisional aceh dapat kembali menjadi ikonik kesenian aceh yang dimana dapat menyatukan kesenian dan keberagaman budaya.


Kata Kunci


Media pembelajaran, Flash

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


D. Setyawan, “Mengenalkan Alat Musik Tradisional Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Suling Bambu Di SD INPRES Rutosoro,” J. AKRAB JUARA, vol. 3, no. 3, pp. 10–21, 2018.

R. Rosnelly and U. P. Utama, “PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TANAMAN HERBAL BERBASIS ANDROID,” vol. 9, no. 2, pp. 130–141, 2021.

S. A. Weighting, “PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ),” vol. 9, no. 2, pp. 142–151, 2021.

M. H. Zulfikar and D. R. Yusian, “Rancang Bangun Multimedia Interaktif Pengenalan Flash Designing Information System Of Mapping Hospital Location Around,” vol. 5, no. 2, pp. 142–147, 2019.

N. Rianto, A. Sucipto, and R. D. Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 64–72, 2021.

S. Saputra, T. D. Rahmawati, and N. Safrudin, “Pengembangan puzzle square sebagai media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 6, no. 2, pp. 124–135, 2020, doi: 10.22219/jinop.v6i2.12096.

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” J. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, pp. 49–53, 2019.

D. Basmin and M. Adi, “MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA DI SDN 249 TURUNGAN DATU,” vol. 12, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.10.1.2022.11-20

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter