Perancangan Aplikasi Fotoblog Realtime Menggunakan Cloud Server Berbasis Android

Sandi Pramana, Fithry Tahel

Sari


Dewasa ini didalam berkembangnya teknologi, proses berbagi foto cepat atau lambat mulai berkembang. Dimana para pengguna yang ingin berbagi foto membutuhkan media untuk dapat berbagi foto yang dianggap menarik. Saat ini sudah mulai banyak media sosial yang bisa  digunakan untuk berbagi foto-foto menarik tetapi sebagai mahasiswa umumnya tidak mengetahui proses yang terjadi dalam membangun sebuah aplikasi media sosial berbagi foto. Seperti bagaimana membangun aplikasi dengan menggunakan sistem database yang bersifat online sehingga dapat diakses oleh banyak orang menggunakan koneksi internet. Untuk membangun sebuah aplikasi yang memiliki database agar dapat digunakan secara online dibutuhkan sebuah cloud server, yaitu sebuah layanan yang membutuhkan koneksi jaringan internet untuk tetap terhubung antara komputer dengan jaringan internet. Jadi teknologi ini menggunakan media yaitu internet sebagai pusat server untuk pengelolaan sebuah data. Pada saat ini Google telah menyediakan sebuah layanan cloud server bernama Firebase.


Kata Kunci


Foto; Blog; Firebase; Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indriani, U. (2018). “Penerapan Metode Rough Set Dalam Menentukan Pembelian Smartphone Android Oleh Konsumen”. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 2(1).

Tambunan, F. (2016). “Perancangan Aplikasi Chatting Mime Base64 Dengan Koneksi Wireless”.

Rahmad, I. F., & Fragastia, V. A. (2017, October). “Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android”. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 320-324).

Adhar, D. (2017, October). “Pengamanan SQLITE Database Menggunakan Kriptografi Elgamal.” In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 432-437).

Hendini, Ade. 2016. “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)”. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. 4. No. 2. 107-116.

Ahmad. 2015. “Perancangan Aplikasi Komoditas Pertanian Berbasis Android”. CSRID Journal. Vol. 7. No. 3. 190-200.

Hamidy, Fikri. 2016. “Pendekatan Analisis Fishboneuntuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Informasi E-Koperasi”. Jurnal TEKNOINFO. Vol. 10. No. 1. 1-3.

Juansyah, Andi. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android”.Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol. 1. No. 1. 1-8.

Justicia, Leo Tiofan, et al.. 2017. “Rancang Bangun Aplikasi Messaging Berbasis Voice Interaction Bagi Penderita Tunanetra Pada Sistem Operasi Android”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 1. No. 7. 620-627.

Ariefin, Muhammad Rizki Samsul, et al,. 2014. “Sistem Real-Time Untuk Manajemen Mobil Antarkota Menggunakan Node JS Berbasis TCP/IP”. Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura. Vol. 2. No. 3. 20-30.

Permadi dan Murinto. 2015. “Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik”. Jurnal Informatika. 9. 1028-1038.

Ramadhan dan Utomo. 2014. “Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi”. JurnalTeknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 5. No. 2. 47-55.

Siswanto, Tito. 2013. “Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah”. Jurnal Liquidity. Vol. 2. No. 1. 80-86.

Sulihati dan Andriyani. 2016. “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa”. Jurnal Sains dan Teknologi Utama. 11. 15-26.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, et al.. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja”. Prosiding KS: Riset & PKM. Vol. 3. No. 1. 47-51.

Ardianto, Eka, et al. 2011. “Rancang Bangun Aplikasi Pengolah Gambar Digital Untuk Segmentasi Otomatis Lokasi Objek Angka Pada Meter Listrik”. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. Vol. 16. No. 2. 110-117.

Windu dan Grace. 2013. “Penerapan Bahasa Pemrograman Java dalam Sistem Informasi Penjualan Versi Desktop”. Jurnal BIT. Vol. 10. No. 1. 81-82.

Fitrianto Rahmad, I., & Agung Fragastia, V. (2014). PERANCANGAN NAVIGASI ROBOT BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN ANDROID.

Mubaraq, M. R., Kurniawan, H., & Saleh, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 89-98.

Kurniawan, H., & Syahputra, D. A. (2013). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI MEDIA TAMBAHAN PENDUKUNG PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3-5.

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Yusfrizal, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Sandria, M. H., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RSA DAN CAESAR CIPHER BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(1), 13-24.

Rifa'i, M., Puspasari, R., & Siregar, E. T. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN TARIF ANGKUTAN UMUM DENGAN PENGGUNAAN GMAP BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 72-81.

Munthe, T., Rahmad, I. F., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Mengatur Jadwal Berbasis Android Yang Terintegrasi Degan Komunikasi Bluetooth. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 99-109.

Yusuf, M. D., Haryanto, E. V., & Destari, R. A. (2019, December). PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN DISTRIBUSI ALIRAN AIR KERUMAH BERBASIS ANDROID. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 729-738).

Tanjung, D. Y. H. (2019, December). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN ANDROID PADA TOKO YT. WALL INTERIOR. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 717-728).

Arief, R. I., Wahyuni, L., & Puspita, K. (2020). PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA PERANGKAT LUNAK TEBAK HURUF HIRAGANA BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 63-71.

Syahputri, N., Indriani, U., Alfina, O., Astuti, E., Siregar, E. T., & Tanjung, Y. (2019, November). Child Development Application (Toddler) Based on Android. In 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (Vol. 7, pp. 1-5). IEEE.

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., & Lubis, N. I. (2019, November). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1361, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Leman, D., & Akbar, M. B. (2018). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS) UNTUK PENANGGULANGAN KECELAKAAN BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(2), 217-225.

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. PERANCANGAN PENGONTROLAN LAMPU RUMAH DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID.

Akbar, M. B., & Haryanto, E. V. (2018). Aplikasi Steganografi dengan Menggunakan Metode F5. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4(2), 165-176.

Alfina, O. (2019). SISTEM INFORMASI MOBILE ASSISTANT MAHASISWA JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS KOMPUTER UNIVERSITAS POTENSI UTAMA BERBASIS ANDROID. JITEKH, 7(01), 1-6.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Juliawan, D., Puspasari, R., & Sianturi, C. J. M. (2018). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Lcd Proyektor Berbasis Android dan Web Service. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 162-171.

Adhar, D., & Nababan, L. (2016). PERANCANGAN APLIKASI UJIAN SARINGAN MASUK PERGURUAN TINGGI SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN). Techno. Com, 15(3), 217-223.

Pahlefi, M. R. (2015). Rancangan Sistem Informasi Geografis Letak Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kopi Di Sumatera Utara Berbasis Android.

WAHYUNI PANJAITAN, S. R. I. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID.

Putra, T. I., Kurniawan, H., & Nasari, F. (2020). RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH LANTAI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN NAVIGASI ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 37-50.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.