Perancangan Aplikasi Informasi Rute dan Tarif Angkot di Kota Medan Berbasis Android

Ridho Renaldi, Edy Victor Haryanto, Juli Iriani

Sari


Sebagai salah satu kota terbesar dan metropolitan di Indonesia tentu saja kota Medan memiliki arus lalu lintas padat yang diisi oleh beberapa kendaraan setiap harinya dari mulai kendaraan pribadi sampai dengan kendaraan umum,  contoh kendaraan umum tersebut adalah angkot. Angkot merupakan salah satu kendaraan umum yang banyak digunakan masyarakat kota Medan untuk berpergian ke bergagai macam lokasi contohnya mall, pasar dan sekolah, akan tetapi media informasi mengenai rute dan tarif angkot masih tergolong sangat kurang. Untuk mendukung penggunaan angkot di kota Medan, maka diperlukan sebuah media informasi agar masyarakat tidak bingung karena banyaknya jenis angkot di kota Medan. Penulis merancang sebuah aplikasi berbasis android sebagai media informasi mengenai rute dan tarif angkot di kota Medan yang, aplikasi ini dirancang berbasis android karena perkembangan android yang saat ini sedang pesat dan banyak penggunanya. Nantinya aplikasi ini akan berisi fitur- fitur dan informasi rute dan tarif angkot di kota Medan yang akan membantu masyarakat kota Medan dalam menggunakan Angkot.


Kata Kunci


Android; Angkot; Kota Medan; Media Informasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harahap, F. (2017, November). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA CV. SINAR JAYA. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 140-146).

Syahputri, N. (2017, November). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERWALIAN MAHASISWA BERBASIS WEB. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 448-456).

Fitrianto Rahmad, I., & Agung Fragastia, V. (2014). PERANCANGAN NAVIGASI ROBOT BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN ANDROID.

Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

Permana, I., & Zakaria, D. A. (2018). APLIKASI DAN PANDUAN ANGKUTAN KOTA TASIKMALAYA BERBASIS ANDROID. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 1(1).

Hanif, A. (2014, December). SISTEM INFORMASI PEMANDU JALAN PENGGUNA ANGKUTAN KOTA BOGOR BERBASIS WEB. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer (pp. 47-54).

Prabowo, H., Herlawati, H., & Mustika, W. P. (2014). Sistem Informasi Panduan Trayek Angkutan Umum Berbasis Mobile Smartphone Pada Dinas Perhubungan Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 56-71.

Ardana, D., & Saputra, R. (2016, October). Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Ilmu Komputer, Universitas Diponegoro, Semarang (Vol. 10).

Yuwono, B., & Aribowo, A. S. (2015, December). Sistem Informasi Geografis Berbasis Android untuk Pariwisata di Daerah Magelang. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).

Hansun, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Rute Bus Mayasari Bakti Dengan Algoritma Knuth-Morris-pratt Berbasis Android. Informatika: Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika, 12(1).

Fitrianto Rahmad, I., & Agung Fragastia, V. (2014). PERANCANGAN NAVIGASI ROBOT BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN ANDROID.

Mubaraq, M. R., Kurniawan, H., & Saleh, A. (2018). Implementasi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Buah-buahan Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 89-98.

Kurniawan, H., & Syahputra, D. A. (2013). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI MEDIA TAMBAHAN PENDUKUNG PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3-5.

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Indriani, U. (2018). “Penerapan Metode Rough Set Dalam Menentukan Pembelian Smartphone Android Oleh Konsumen”. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 2(1).

Yusfrizal, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018. “

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Rahmad, I. F., & Fragastia, V. A. (2017, October). Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 320-324).

Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. PERANCANGAN PENGONTROLAN LAMPU RUMAH DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID.

Akbar, M. B., & Haryanto, E. V. (2018). Aplikasi Steganografi dengan Menggunakan Metode F5. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4(2), 165-176.

Alfina, O. (2019). SISTEM INFORMASI MOBILE ASSISTANT MAHASISWA JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS KOMPUTER UNIVERSITAS POTENSI UTAMA BERBASIS ANDROID. JITEKH, 7(01), 1-6.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Juliawan, D., Puspasari, R., & Sianturi, C. J. M. (2018). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Lcd Proyektor Berbasis Android dan Web Service. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 162-171.

Adhar, D., & Nababan, L. (2016). PERANCANGAN APLIKASI UJIAN SARINGAN MASUK PERGURUAN TINGGI SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN). Techno. Com, 15(3), 217-223.

Pahlefi, M. R. (2015). Rancangan Sistem Informasi Geografis Letak Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kopi Di Sumatera Utara Berbasis Android.

WAHYUNI PANJAITAN, S. R. I. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID.

Putra, T. I., Kurniawan, H., & Nasari, F. (2020). RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH LANTAI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN NAVIGASI ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 37-50.

Sandria, M. H., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RSA DAN CAESAR CIPHER BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(1), 13-24.

Rifa'i, M., Puspasari, R., & Siregar, E. T. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN TARIF ANGKUTAN UMUM DENGAN PENGGUNAAN GMAP BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 72-81.

Munthe, T., Rahmad, I. F., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Mengatur Jadwal Berbasis Android Yang Terintegrasi Degan Komunikasi Bluetooth. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 99-109.

Yusuf, M. D., Haryanto, E. V., & Destari, R. A. (2019, December). PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN DISTRIBUSI ALIRAN AIR KERUMAH BERBASIS ANDROID. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 729-738).

Tanjung, D. Y. H. (2019, December). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN ANDROID PADA TOKO YT. WALL INTERIOR. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 717-728).

Arief, R. I., Wahyuni, L., & Puspita, K. (2020). PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA PERANGKAT LUNAK TEBAK HURUF HIRAGANA BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 63-71.

Syahputri, N., Indriani, U., Alfina, O., Astuti, E., Siregar, E. T., & Tanjung, Y. (2019, November). Child Development Application (Toddler) Based on Android. In 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (Vol. 7, pp. 1-5). IEEE.

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., & Lubis, N. I. (2019, November). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1361, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Leman, D., & Akbar, M. B. (2018). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS) UNTUK PENANGGULANGAN KECELAKAAN BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(2), 217-225.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.