Perbandingan Metode Stream Dengan Metode Caesar Cipher Terhadap Pengiriman Pesan Pada Jaringan Wireless LAN

Deny Paskah Manurung, Ratih Puspasari, Wiwi Verina

Sari


Teknik yang digunakan untuk mengamankan informasi pengiriman pesan pada jaringan WLAN dengan teknik kriptografi. Kriptografi merupakan langkah-langkah logis bagaimana menyembunyikan pesan dari orang-orang yang tidak berhak atas pesan tersebut dengan melakukan pembangkitan kunci, enkripsi dan dekripsi. Kriptografi bertujuan untuk memberi layanan keamanan (yang juga dinamakan sebagai aspek-aspek keamanan. Untuk dapat menggunakan teknik kriptografi, dibutuhkan sebuah metode. Oleh sebab itu peneltii menggunakan metode Stream Cipher. Stream cipher merupakan cipher yang hamper sama dengan caesar cipher (cipher yang menggeser urutan alphabet sehingga urutannya alfabetnya berubah), tetapi cipher ini mempunyai kunci yang unik, yaitu menggunakan karakter sebelumnya sebagai kunci. Namun peneliti akan membandingakan metode stream cipher dengan metode caesar cipher agar dapat diketahui metode yang mana yang keamanannya lebih baik. Dalam kriptografi, sandi Caesar, atau sandi geser, kode Caesar atau Geseran Caesar adalah salah satu teknik enkripsi paling sederhana dan paling terkenal. Sandi ini termasuk sandi substitusi dimana setiap huruf pada teks terang (plaintext) digantikan oleh huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alfabet. Pada Caesar cipher, tiap huruf disubtitusi dengan huruf ketiga berikutnya dari susunan alphabet yang sama. Dalam hal ini kuncinya adalah pergeseran huruf (yaitu 3).


Kata Kunci


APlikasi; Keamanan; metode Stream Cipher; Metode Caesar Cipher

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Triandi, B. Pengembangan Aplikasi Kriptografi Berbasis Bit Inserted Carrier (BIC).

Adhar, D. (2019). Implementasi Algoritma DES (Data Encryption Standard) Pada Enkripsi Dan Deskripsi SMS Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Sembiring, N. S. B. (2018). Perancangan Aplikasi Kriptografi Dengan Metode Modifikasi Caesar Cipher Yang Diperkuat Dengan Vernam Cipher Untuk Keamanan Teks. JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 5(1), 10-17.

Putra, D. I., & Ginting, G. (2017). Perancangan Aplikasi Penyandian Data Text Menggunakan Metode Symmetric Stream Cipher. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 16(3).

Setiawan, A. (2015). Perancangan Aplikasi Steganografi Dengan Algoritma Caesar Cipher Dan Pixel Value Differencing.

Puspita, K., & Wayahdi, M. R. (2015, February). Analisis Kombinasi Metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, Dan Hill Cipher Dalam Proses Kriptografi. In Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Sinaga, M. D., Sembiring, N. S. B., Tambunan, F., & Sianturi, C. J. M. (2018, August). Hybrid Cryptography WAKE (Word Auto Key Encryption) and Binary Caesar Cipher Method For Data Security. In 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-5). IEEE.

Adhar, D. (2017, October). Pengamanan SQLITE Database Menggunakan Kriptografi Elgamal. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 432-437).

Khairani, S., Agustin, F., & Fahmi, A. Rancang Bangun Program Kriptografi Advanced Encryption Standard. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 2(3), 336-353.

Nugroho, A. Y. (2017, November). PEMBUATAN APLIKASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA BASE 64 MENGGUNAKAN PHP UNTUK MENGAMANKAN DATA TEXT. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 134-139).

Syahputri, N. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN TRANSMISI DATA MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES). MAJALAH ILMIAH METHODA, 9(2), 57-63.

Haryanto, E. V. (2015). Penerapan Metode Adaptif Dalam Penyembunyian Pesan Pada Citra. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Triandi, B. (2017, October). APLIKSASI TES BILANGAN PRIMA MENGUNAKAN RABINMILLER, GCD, FAST EXPONENSIAL DAN FAKTORISASI PRIMA UNTUK DASAR MATEMATIS KRIPTOGRAFI. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 277-232).

Yusfrizal, Y. (2016). Aplikasi Enkripsi Data Menggunakan Metode RSA dan PGP.

Yusfrizal, Y. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI PADA TEKS MENGGUNAKAN METODE REVERSE CHIPER DAN RSA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Prasetyo, Y., Triandi, B., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Pengamanan File Teks dengan Skema Hybrid Menggunakan Algoritma Enigma dan Algoritma RSA. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 46-55.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.