Perancangan Aplikasi Messenger Peer to Peer Berbasis Wifi Direct Pada Smartphone Android

Ratna Sagita, Ratih Puspasari

Sari


Android sebagai pesaing baru di dunia pertelekomunikasian merupakan sistem operasi yang dikhususkan pada smartphone dan PC Tablet. Salah satu kelebihan smartphone yaitu adanya fitur wifi direct yang lebih bagus dari pada fitur bluetooth sehinggga memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan menggunakan fitur wifi direct pengguna dapat lebih mudah dalam melakukan koneksi antar smartphone. Selain untuk sharing data pada smartphone, fitur wifi direct hampir tidak secara optimal digunakan pada smartphone. Ini dikarenakan belum banyak aplikasi yang dibuat untuk memanfaatkan penggunaan wifi direct pada smartphonenya.Merancang dan Membangun Aplikasi Chat Messenger Untuk Android” yang menghasilkan sebuah aplikasi chatting yang dapat digunakan untuk sesama pengguna smartphone android yang berada pada satu area jaringan yang sama. Aplikasi yang dihasilkan hanya dapat digunakan pada pada perangkat android dengan sistem operasi yang sangat rendah yaitu froyo. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan tersebut, dalam penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi yang akan digunakan pada smartphone android berupa sebuah aplikasi messenger peer to peer berbasis wifi direct pada smartphone android.


Kata Kunci


Aplikasi Messenger Peer to Peer; Wifi Direct; Smartphone Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Zakaria dan Wijaya (2009):”Aplikasi Chat pada Handphone dan Komputer dengan Media Bluetooth (Bluetooth Chat)”

Fitri Hardianto dan Bana Handaga (2015):”Aplikasi Grup Chat di Android Menggunakan Websocket” menghasilkan sebuah aplikasi chatting grup menggunakan protokol websocket yang digunakan pada satu area jaringan yang sama.

Ali Mintarko pada tahun (2015), :Rancang Bangun Aplikasi Chatroom Berbasis Android Dengan Pemanfaatan Google Cloud Messaging Sebagai Sarana Pengiriman Pesan”

Aryo Nugroho, et al,(2016)Pembangunan Aplikasi Community Messenger Sebagai Alat Interaksi Di Kalangan Generasi C”.

Harahap, F.(2017,November).”Perancangan Sistem Informasi Data Keluar Masuk Keuanga yang terdapat pada Toko Funncy Collection. In Seminar Informatika(Snif) (Vol. 1, No. 1. Pp 381-386)

Adhar, D., & Nababan, L. (2016). PERANCANGAN APLIKASI UJIAN SARINGAN MASUK PERGURUAN TINGGI SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN). Techno. Com, 15(3), 217-223.

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. PERANCANGAN PENGONTROLAN LAMPU RUMAH DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID.

Akbar, M. B., & Haryanto, E. V. (2018). Aplikasi Steganografi dengan Menggunakan Metode F5. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4(2), 165-176.

Yusfrizal, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Pahlefi, M. R. (2015). Rancangan Sistem Informasi Geografis Letak Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kopi Di Sumatera Utara Berbasis Android.

WAHYUNI PANJAITAN, S. R. I. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID.

Putra, T. I., Kurniawan, H., & Nasari, F. (2020). RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH LANTAI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN NAVIGASI ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 37-50.

Fitrianto Rahmad, I., & Agung Fragastia, V. (2014). PERANCANGAN NAVIGASI ROBOT BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN ANDROID.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.