PENGARUH SEMANGAT KERJA, KEJELASAN PERAN, FISIK LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Austin Alexander Parhusip, Vibi Alamsyah, Muhammad Fathur Rahman

Sari


Suatu organisasi didirikan karena mempunyai tujuan yang ingin dan harus dicapai. Pentingnya peranan sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan, maka sumber daya manusia harus dikelola dengan baik. Mengelola sumber daya manusia merupakan tugas seorang manajer. Kata ”mengelola” dalam frase mengelola sumber daya manusia menunjukkan bahwa tugas pengelola lembaga pendidikan seperti Universitas Potensi Utama diharuskan dapat motivasi dan pengarahan serta pengaruh agar mampu malaksanakan tugas dengan baik untuk menunjang sumber daya yang lain dalam organisasi. Penilaian Kinerja adalah suatu sistem formal dan terstruktur yang mengukur, menilai, dan mempengaruhi sifat-sifat yang berkaitan dengan pekerjaan, perilaku, dan hasil, termasuk tingkat ketidakhadiran. Fokusnya adalah untuk mengetahui seberapa produktif seorang karyawan atau pegawai dan apakah ia bisa berkinerja sama atau lebih efektif pada masa yang akan datang, sehingga karyawan, organisasi, dan masyarakat semuanya memperoleh manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh semangat kerja, kejelasan peran, fisik lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Universitas Potensi Utama.. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui penyebaran penilaian atas kinerja pegawai di Universitas Potensi Utama. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi penggambaran karakteristik responden yang menjadi sampel penelitian dan analisis kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dan menggunakan alat bantu berupa software komputer program SPSS.


Kata Kunci


Semangat kerja; Kejelasan peran; Lingkungan kerja fisik; Kinerja karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Lidya. 2009. “Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor (Penelitian pada Kantor Akuntan Publik yang Bermitra dengan Kantor Akuntan Publik

Cahyono, Dwi. 2008. “Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Ambiguitas Peran, dan Konflik Peran sebagai Mediasi antara Program Mentoring dengan Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja dan Niat Ingin Pindah”. Tesis, tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson James, L. 2000. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi ke-5. Cacatan ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kreiner, Robert dan Angelo Kinicki. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Rosaputri, Rizki, dan Ahyar Yuniawan. 2012. “Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran terhadap Kinerja Karyawan dengan Variabel Stres Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Wates)”. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-16. Bandung: Alfabeta.

Tang, Yung-Tai dan Chang, Cheng-Hua. 2010. Impact of Role Ambiguity and

Role Conflict on Employee Creativity. African Journal of Business Management 4: 869-881.

Wibowo. 2007. Manajemen Kerja. Edisi Pertama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arianto, Dwi (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia. Vol. 9, No.2.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Ghoniyah, Nunung. (2011). Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komitmen. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol 2, No 2.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juhana, Dudung (2013). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship. Vol.7, No.2.

_____________. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Simanjutak, Markus Doddy. (2013). Analisis Pengaruh Sumber Daya Manusia, Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kopertis Wilayah I Medan. Tesis. Medan : Universitas Sumatera Utara.

Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara 89

Susilaningsih, Nur. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Pengawasan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonogiri). Jurnal EXCELLENT Vol.1 No.2.

Sutrisno, Edy. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.2.1.2020.01-14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241