Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Pada Mata Kuliah Auditing (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Potensi Utama)
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi pada mata kuliah auditing. Adapun jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer berupa observasi dan informasi yang langsung diperoleh dari mahasiswa mengenai permasalahan yang terjadi. Untuk data sekunder , peneliti memperolehnya dengan menggunakan angket atau kuesioner yang disebar kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji determinasi.Proses daring yang masih awam dikalangan masyarakat indonesia dalam pelaksanaannya benar – benar sangat menguras emosi, mental, fisik dan materi. Kita yang masih banyak belum faham dan tidak begitu mengerti menggunakan teknologi dalam pembelajaran daring pasti sangat sulit mengikuti kegiatan belajar ini. Keterbatasan materi dalam membeli kuota, belum lagi akses internet yang tidak stabil, para siswa maupun mahasiswa yang tinggal dipelosok dan belum terlalu terjangkau sinyal sangatlah kesulitan mengikuti proses belajar mengajar ini. Berdasarkan hasil kuesioner yang peneliti sebarkan, maka di dapatkanlah hasil penelitian bahwasannya efektivitas pembelajaran daring berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi pada mata kuliah auditing, dan dari hasil uji R diketahui besaran nilai pengaruhnya sebesar 77,1 %.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindon Persada.
Agoes, Sukrisno. 2004. Auditing. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
AM, Sardiman (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anderson, Mrevor dkk. (2004). Ensiklopedia Pengetahuan Populer. Terjemahan oleh Etty Indriati, dan Imam Santoso. 2008. Jakarta: PT Lentera Abadi.
Hery. 2016. Auditing dan Asurans, Jakarta: Grasindo
Hery. 2016. Akuntansi Dasar 1 & 2. Jakarta: Grasindo.
Jusup, Haryono. 2001. Auditing (Pengauditan). Yogyakarta : STIE YKPN
. 2014. Auditing (Pengauditan Berbasis ISA), Edisi 2. Yogyakarta : STIE YKPN.
Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi
Mulyadi. 2010. Auditing. Edisi Kenam. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.
. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
. 2014. Audit 1, Edisi ke-6. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
. 2014. Audit 2, Edisi ke-6. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Putria, H., Uwatun , D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872. doi:DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.460
Rochaman, N. 2005. Aktivitas Belajar. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT: Rhineka Cipta.
Sutirman. 2006. Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi, IV(2), 109-121.
Tuanakotta, Theodorus M. 2007. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
. 2010. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif, Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.
. 2014. Audit Berbasis ISA (International Standards on Auditing). Jakarta : Salemba Empat.
Yusuf , B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20.
. (2017). Konsep danIndikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 14-20. Retrieved Maret 1, 2021
Vivi Utari, Ahmad Fauzan & Media Rosha, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal: Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1, 2012), h. 34.
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.4.1.2022.43-55
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).
Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241