SISTEM PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN RESTORAN BERBASIS MOBILE

Gat .

Sari


Perkembangan teknologi informasi khususnya pada perangat mobile sangat mendukung dalam menjalankan aktivitas bisnis dan tidak terkecuali pada bisnis restoran. Selama ini, banyak pengelola restoran yang masih mencatat pesanan konsumen pada selembar kertas. Kehilangan lembaran kertas akan berdampak pada tidak terpenuhinya permintaan konsumen dan ini akan memperburuk pelayanan. Adanya perangkat mobile yang bisa mendukung dalam menjalankan sistem pemesanan makanan dan minuman dengan mudah, maka penulis ingin memberikan sebuah solusi dengan cara membangun aplikasi pencatatan pesanan komsumen.  Sistem ini terkoneksi dalam jaringan Local Area Network (LAN) dimana bagian kasir dan bagian dapur menggunakan media kabel dan bagian pelayan menggunakan wireless. Penelitian berbentuk studi kasus, metode perancangan perangkat lunak menggunakan model Rapid Application Development dan alat pemodelan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem pemesanan makanan dan minuman terdiri dari 3 (tiga) modul yaitu modul pencatatan pesanan yang diakses dengan menggunakan tablet, modul dapur yang diakses dengan komputer/laptop dan modul kasir yang diakses dengan komputer/laptop. Ketiga modul ini terintegrasi dalam sebuah jaringan LAN (wired dan
wireless). Sistem ini dapat dipergunakan diberbagai restoran karena pada umumnya proses bisnis pada setiap restoran hampir sama dan hanya diperlukan penyesuaian sedikit jika ada perbedaan pada proses bisnis.

Kata Kunci


Pemesanan makan dan minuman; mobile; resoran; RAD; UML dan interkoneksi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Inayah, dkk., 2014, Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Di Rumah Makan Berbasis Web Service Menggunakan Mobile Android, Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika.

Miraditya, dkk., 2014, Rancang Bangun Alat Pemesanan Menu Makanan Otomatis Berbasis Microcontroller Dengan

Komunikasi TCP/IP, Journal of Control and Network Systems 3.2.

Solikhan, Ahmad, dkk., 2014, Upaya Meningkatkan Pelayanan Restoran Dalam Melayani Tamu di Jogjakarta Plaza Hotel, Khasanah Ilmu 5, no. 1.

Suastuti, Ni Luh., 2012, Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Terhadap Produk Freestanding Restaurant

di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Kabupaten Badung, Jurnal Ilmiah Pariwisata 2.1.

Yulianto Atun, Yusnita Hesty Woro., 2015, Upaya Food & Beverage Restaurant Dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Variasi Product, Khasanah Ilmu 4.1.

Qadhafi, Muammar, Anjik Sukmaaji, and Rangsang Purnama., 2012, Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan Online Pada Restoran Cepat Saji Berbasis Mobile Application (Studi Kasus Chicken Mania Cabang Rungkut), Jurnal Sistem Informasi dan Komputerisasi Akuntansi (JSIKA) 1.2.

Nugraha, Adi Putra, Kodrat Iman Satoto, and Kurniawan Teguh Martono., 2014, Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis

Mobile Pada Rumah Makan “Lek Nonong”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 2.2.

Wijaya, Andri Bernardo., 2013, Pembuatan Sistem Informasi Pada Restoran “X” Dengan Cliet Berbasis Android, CALYPTRA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2.2.

Susila, Tjandra, Tony Winata, and Rakhman Setyo Nugroho., 2009, Perancangan Alat Pemesanan Makanan di Restoran Secara Wireless, TESLA Jurnal Teknik Elektro UNTAR 8.2.

Yudatama, Uky., 2008, Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile, Jurnal Teknologi 1.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi SNIf. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241