Pelatihan Pembuatan Ujian Online Menggunakan Google Classroom dan Google Form

Safrizal Safrizal, Deni Adhar, Dedek Indra Gunawan Hts, Lili Tanti, Ahmad Nicko Aldrin

Sari


Pelatihan pembuatan ujian online menggunakan media pembelajaran yang telah di sediakan seperti google classroom untuk memudahkan tenaga pengajar dalam hal ini guru dalam menghadapi masa pandemic ini sangat diperlukan agar bisa menekan angka penyebaran virus ini, tetapi banyak para guru yang belum pernah atau paham penggunaan dari media pembelajaran dalam hal ini google classroom dalam pembuatan ujian online sehingga proses pembelajaran lebih efektif dalamhal waktu pengerjaan kepada siswa dan lebih simple dalam penyajian materi ujian, karena banyak fitur yang disediakan oleh media pembelajaran google classroom. Maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Potensi Utama mencoba memberikan pengetahuan  pengetahuan teknologi khususnya dibidang ilmu komputer, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan mutu kualitas dalam dunia pendidikan. Melalui pelatihan kepada para guru Yayasan Pendidikan Nurani Medan diharapkan mereka dapat membuat Ujian Online menggunakan Google Classroom untuk berbagai kepentingan atau sebagai penunjang dalam pelajaran.


Kata Kunci


Pandemi Covid-19, Ujian Online, Google Form.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Komalasari, “MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19,” TEMATIK, vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.38204/tematik.v7i1.369.

M. Aminullah, “KONSEP PENGEMBANGAN DIRI DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ERA 4.0,” KOMUNIKE, vol. 12, no. 1, 2020, doi: 10.20414/jurkom.v12i1.2243.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

K. Setemen, “PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 43, no. 3, 2010.

R. Yunitasari and U. Hanifah, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 2, no. 3, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i3.142.

M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.265.

M. F. Al Hakim and A. Azis, “Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19,” Riwayat Educ. J. Hist. Humanit., vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.24815/jr.v4i1.19677.

E. Wicaksana, “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BAKAT PESERTA DIDIK DI TENGAH PANDEMI COVID -19,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1937.

B. Mulatsih, “Penerapan aplikasi google classroom, google form, dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi covid-19,” ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 5, no. 1, 2020.

T. Amalia, “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah,” Pros. Konf. Nas. Bhs. Arab V, no. 5, 2019.

A. Permata and Y. B. Bhakti, “Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. Dan Ris. Ilmiah), vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.30599/jipfri.v4i1.669.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

data macauslot deposit pulsa 5000web slot gacor 2023slot gacor maxwinslot gacorjoker768https://jkn.unitri.ac.id/classes/demo/demoslot gacor hari inislot bonus new memberslot demo