Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing Di Era Globalisasi Melalui Pembelajaran Bahasa Mandarin Dasar Bagi Mahasiswa Di Universitas Muslim Nusantara

Feby Yoana Siregar, Muhammad Novan Prasetya, Stivani Ismawira Sinambela

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing terutama bahasa Mandarin di era globalisasi. Kegiatan ini berfokus pada proses belajar dan mengenal bahasa Mandarin dasar. Dalam pembelajaran bahasa Mandarin ada empat komponen pembelajaran yang harus dikuasai, yaitu menyimak (), berbicara), menulis(写), dan membaca ). Pembelajaran bahasa mandarin lazimnya pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan sebagai berikut : 1) pendidik melafalkan kosakata (sheng ci) 词,peserta didik menirukan; 2) pendidik memberi kesempatan kepada peseta didik untuk melafalkan secara individual atau klasikal; 3) pendidik memberi contoh membaca teks (ke wen) 课文, peserta didik menirukan; 4) pendidikan memberi kesempatan membaca (ke wen) 课文 kepada peserta didik secara individual dan atau klasikal; 5) pendidik menugasi peserta didik untuk menjawab pertanyan dan membahas jawaban pertanyaan secara klasikal;Peserta yang menjadi sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mahasiswa di Universitas Muslim Nusantara. Kegiatan berupa pelatihan secara langsung atau tatap muka di Universitas Muslim Nusantara. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan berbahasa asing bagi mahasiswa di Universitas Muslim Nusantara.


Kata Kunci


Bahasa Mandarin, pembelajaran, globalisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Zainal, Hudaya, Adeng, & Anjani, Dinda. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. 134-145. Journal of Chinese Learning and Teaching. 48-49.

Amelia, A., & Rudiansyah, R. (2021). Digitalisasi dan Pembelajaran Bahasa di Era Digital.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(2).

Halim, Amran. ”Fungsi Politik Bahasa Nasional” dalam Politik Bahasa Nasional 1. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm. 13-25. 1976.

Kartono, Giri. “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Asing di Indonesia” dalam Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm. 121-130. 1984.

Retmono. “Pengajaran Bahasa Asing dalam Rangka Politik Bahasa Nasional” dalam Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka. Hlm. 131-142. 1984.

Sutami, Hermina. ”Peningkatan Mutu Pengajaran Bahasa Asing Non Inggris: Khususnya Bahasa Mandarin”. Makalah disajikan pada Kongres Bahasa Indonesia VIII, 14-17 Oktober 2003. 2003.

___________. ”Pengajaran Bahasa Mandarin yang Efektif dalam Menghadapi Era Globalisasi”. Makalah pada Seminar Bahasa Tionghoa Problema Penguasaannya dan Perannya dalam Bisnis Internasional. Diselenggarakan oleh Program Studi Cina FIB UI, 22 Juni 2006.

Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127–145

Suaryanti, S. (2011). Penerapan Sistem Pembelajaran Bahasa Mandarin di Beberapa Sekolah di Indonesia. Lingua Cultura, 5(1), 136–143.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.