PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPTENSI SISWA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Dedek Indra Gunawan Hts, Deny Adhar

Sari


SMK swasta Yahdi adalah salah satu SMK swasta yang ada di kota Medan. Dalam kurikulumnya SMK ini mengajarkan mata pelajaran komputer sebagai bagian dari spesifikasi kejuruannya. Dengan kemajuan teknologi hampir semua orang sudah memiliki komputer sendiri. Sehingga banyak sekolah mulai menjadikan pembelajaran komputer sebagai salah satu mata pelajaran atau jurusan yang diajarkan pada sekolah tersebut. Salah satu contohnya adalah membuat aplikasi laporan keuangan. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh, apabila dapat menyusun laporan keuangan. Manfaat tersebut seperti mengetahui informasi tentang posisi keuangan, kinerja keuangan, perubahan modal pemilik di masa lalu.  Menjadi salah satu bahan dalam pengambilan keputusan. Data dalam laporan keuangan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan di masa yang akan datang. Mengetahui nilai perubahan kas dan distribusinya. Berdasarkan laporan arus kas, pelaku usaha akan mengetahui berapa nilai kenaikan ataupun penurunan kas dalam 1 periode.  Di sini penulis mengajukan diri untuk mengadakan pelatihan pembuatan laporan keuangan menggunakan MICROSOFT EXCEL kepada para siswa SMK swasta Yahdi Medan sebagai program pengabdian kepada masyarakat.


Kata Kunci


Laporan Keuangan; Microsoft Excel; Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Winston, W. (2011). Microsoft Excel 2010 Data Analysis and Business Modeling: Data Analysis and Business Modeling. Pearson Education.

Roki, H., Fana, W., & Lucky, L. V. F. (2019). Pelatihan Office Perkantoran Di Sma Pgri Pekanbaru Sebagai Bekal Menyonsong Revolusi Industri 4.0. INAMISIA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT/, 3(1).

Nugroho, G. K. (2012). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2010 Dalam Pembuatan Media Interaktif Penggandaan Dokumen Untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1. SpeedSentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2).

Ardha, J. I., & Kurniawan, A. T. (2017). Implementasi Sistem Administrasi Perkantoran dalam Pengelolaan Arsip Inaktif: Studi Kasus Penanganan Arsip Inaktif di Gedung Arsip PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung EmasSemarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 4150.

Madcoms, (2016). Microsoft Excel untuk Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta : ANDI

Madcoms, (2016). Kupas Tuntas Microsoft Excel. Yogyakarta : ANDI


DB Error: Incorrect key file for table './ejourn02_ojs/referrals.MYI'; try to repair it