Pemanfaatan SPSS sebagai Media Pembelajaran Online Statistika
Sari
Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang berupaya mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran. Integrasi teknologi digital dalam proses pembelajaran dapat diterapkan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pembelajaran berbasis TIK adalah salah satu pilihan yang paling tepat selama pembelajaran, terutama pembelajaran online. Media pembelajaran berbasis TIK yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran online statistika adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS). SPSS merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menganalisis data statistik dengan menu yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami dan digunakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk 1) memperkenalkan aplikasi SPSS dan manfaatnya sebagai media pembelajaran online statistika; 2) meningkatkan kemampuan siswa dalam mengolah data statistik berbantuan aplikasi SPSS. Kegiatan ini diikuti oleh 17 siswa dengan menggunakan pendekatan kolaborasi antara metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan presentasi. Kegiatan dilakukan secara online dengan menggunakan media aplikasi Zoom. Hasil yang diperoleh setelah diberikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat memperlihatkan 1) peserta dapat mengenal aplikasi SPSS dan dapat memahami manfaatnya sebagai media pembelajaran untuk membantu menyelesaikan permasalahan statistika; 2) peserta mampu melakukan pengolahan data, baik secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan hasil yang tepat; 3) penggunaan media pembelajaran SPSS dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP ,456–469 .
Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. Int. J. Educ. Lit. Stud. 6, 92–98.
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., Putri, N. W. S. & Wardika, I. W. G. (2021). Pelatihan GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Puan Indones. 2, 164–174.
Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Sci. Res. its Dev. journal) 12, 129–142
Samaray, S. (2021). Utilization of GeoGebra Application to Increase Students’ Interest and Result. Judimas 1, 62–73.
Aminoto, T. & Agustina, D. (2020). Mahir Statistika dan SPSS. Edu Publisher.
Nurhayati & Novianti. (2020). Pengaruh SPSS Terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. J. Progr. Stud. Pendidik. Mat. 9, 101–107.
Ramadhani, R. & Sribina, N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Spss Untuk Meningkatkan Kemampuan Statistik Siswa SMK. J. SOLMA 8, 159–170.
Jayadi, A. & Anwar, Z. (2018). Pemanfaatan Aplikasi SPSS untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistika. J. Vision. Penelit. dan Pengemb. dibidang Adm. Pendidik. 2, 111–113.
Riyanto, S. & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick J. Comput. Inf. Technol. 1, 62–67.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PUBLIDIMAS
Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.