PENERAPAN MICROSOFT ACCESS DALAM PEMBUATAN APLIKASI DATA PASIEN PADA KLINIK PRATAMA BERTHA MEDAN

Labuan Nababan

Sari


Klinik Pratama Bertha Medan merupakan salah satu instansi kesehatan umum yang memakai strategi perbaikan sistem untuk bisa bersaing dengan instansi lain. Sistem Informasi Rekam Medis mencakup hal-hal yang terkait dengan proses yang ada di klinik diantaranya dimulai dari cara pendaftaran pasien, jenis pelayanan kesehatan terhadap pasien, dan masalah biaya dari pasien yang melakukan pengobatan di Klinik Pratama Bertha Medan. dalam proses data pasien, data perawat, data kamar, data obat beserta pengolahan data lainnya masih dilakukan dalam pencatatan dibuku, yang artinya belum diterapkannya penggunaan aplikasi sehingga kalau prosesnya seperti ini akan sulit dalam pencarian data atau ingin mengetahui transaksi secara cepat dan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, pihak  yang menjalankan Sistem Informasi Rekam Medis ini harus bisa mengelola aliran data yang ada di klinik tersebut supaya semua data bisa terorganisir dengan baik terutama masalah pasien yang datang berobat dengan keluhan penyakit baru, sistem yang ada sekarang ini masih dihadapkan pada beberapa masalah diantaranya sistem yang diterapkan masih dikerjakan secara manual atau belum terdapat komputerisasi. Oleh karena itu perlu diterapkan sebuah perangkat lunak yaitu microsoft Access guna menciptakan aplikasi rekap Medisyang memudahkan pihak Klinik Pratama Medan.yaitu dengan melakukan pelatihan secara khusus bagi perawat dan staf administrasi. Dengan diterapkannya sistem yang baru maka akan lebih mengoptimalkan kinerja sistem agar bisa berjalan dengan lancar dan akan tercapai efektifitas kerja staf  yang bertugas mengolah aliran data yang ada di klinik tersebut sehingga tercapainya target melalui kecepatan pengolah data pasien dan lebih akurat.


Kata Kunci


Klinik; Aplikasi; Basis data; Access' pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Catur Hadi Purnomo, “Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office 2016 ”, Media Kita, 2016

Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000.

Yudhi Wicaksono, “Cara Cepat Menyelesaikan Pekerjaan Menggunakan Microsoft Office 2016”, Media Kita, 2016

A. Y. Triartanto and A. D. Suriyanto, “Literasi Digital Melalui Aplikasi Microsoft Access Sebagai Komunikasi Bisnis Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen,” Bsi, vol. 2, no. 1, pp. 166–173, 2019.

D. Anggraeni, S. Aswati, S. R. Maulina Azmi, A. Akmal, M. Dewi, and K. Anwar, “Membangun Database Menggunakan Microsoft Access 2007,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 1, no. 1, pp. 7–14, 2018, doi: 10.33330/jurdimas.v1i1.381.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.