PELATIHAN E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMASARAN HASIL TAMBAK MASYARAKAT DESA PALUH MANAN

Nahar Maganda Saragih, Faisal Amir Harahap, Mutiara Sovina

Sari


Pemasaran online adalah proses sosial dan manajerial untuk individu dan kelompok. Proses ini memproses individu dan kelompok dalam mendapatkan kebutuhan dan keinginannya dengan melakukan, menawarkan, dan membeli dan menjual. Pada prinsipnya penjulaan online hampir sama dengan pemasaran pada umumnya, hanya perbedaan nya di media pemasarannya. Pemasaran online adalah salah satu komponen dalam e-commerce. Dimana E-commerce adalah sistem jual beli berbasis online. Pemasaran yang tinggi akan meningkatkan proses loyalitas konsumen. Loyalitas dapat digunakan sebagai patokan  yang dapat dirujuk untuk memperkirakan perkembangan  penjualan dan perilaku pembelian yang tetap. Karenanya para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk meningkatkan kesetiaan konsumen. Secara umum terdapat beberapa keistimewaan loyalitas pelanggan. Salah satunya adalah konsumen melakukan pembelian tetap atau pembelian secara berulang-ulang. Dengan mempunyai konsumen setia maka bisnis akan tetap berjalan dalam menghadapi segala kondisi di dunia bisnis. Misalnya saat pasar sedang tidak stabil, atau Krisis ekonomi dunia dan sebagainya. Dalam di dunia bisnis, menjaga loyalitas pelanggan merupakan prioritas dan tanggung jawab yang besar. Menjaga loyalitas juga menjadi tantangan terberat didalam dunia bisnis dan dibandingkan bersaing dengan kompetitor atau competitor lain.


Kata Kunci


E-commerce; Efektivitas; Efisiensi; Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sanusi, M Arsyad. 2001. E-Commerce Hukum dan Solusinya. Jakarta: Mizan Grafik Sarana

Aberg, J., and Shahmehri, N. 2000. The Role of Human Web Assistants in E-Commerce: An Analysis and A Usability Study. Internet Research Electronic Networking Applications and Policy

http://www.E-commerce.com


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.