Pengenalan Basis Data Microsoft Acces Bagi Siswa SMK Swabina Karya

Fitriana Harahap, Helmi Kurniawan

Sari


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi kini semakin banyak dikembangkan dan dimanfaatkan diberbagai bidang dan aspek kehidupan guna menciptakan kemudahan dan efesiensi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan manusia. Salah satu bidang yang cukup banyak mendapatkan manfaat atas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut ialah bidang pendidikan.Teknologi informasi memiliki perkembangan yang sangat pesat dan meliputi berbagai bidang. Bidang Pendidikan merupakan salah satu bidang yang dipengaruhi oleh teknologi informasi. Baik dalam proses pembelajaran formal di sekolah maupun nonformal berupa pelatihan di luar sekolah. Teknologi Informasi melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan salah satu kewajiban bagi Dosen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sejalan dengan perannya sebagai fasilitator, penguat, dan pemberdaya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan dari manfaat aplikasi Microsoft Acces dan meningkatkan pengetahuan siswa terkait dengan pembuatan basis data sehingga mereka memiliki keterampilan lain sehingga dapat terserap oleh industri. Hasil Evaluasi dari kegiatan Pelatihan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa-siswa SMK Swabina Karya dalam membuat basis data sederhana dengan Microsoft acces. Dari 30 siswa yang telah mengikuti pelatihan, menunjukkan bahwa 25orang diantaranya sudah dapat membuat database menggunakan Microsoft Office Access dan 5 orang  siswa masih membutuhkan pendampingan dalam menggunakan Microsoft Office Access.


Kata Kunci


Pelatihan; Microsoft Access; Basis Data; SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


H. Ritchi, R. M. Zulkarnaen, Z. Dewantara, D. Akuntansi, F. Ekonomi, and U. Padjadjaran, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Upaya Peningkatan Aksesibilitas Ukm (Desa Wisata) Kepada Pasar Di Lokasi Wisata Pangandaran Dan Sekitarnya,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 36–40, 2018.

Irmayani and A. M. Sudirman, “Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Microsoft Office pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan,” Abdimas Toddopuli J. Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 20–27, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.my.id/atjpm/article/view/96.

A. Niati, A. Soelistiyono, and T. Ariefiantoro, “Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, p. 105, 2019, doi: 10.26877/e-dimas.v10i1.3557.

A. Y. Triartanto and A. D. Suriyanto, “Literasi Digital Melalui Aplikasi Microsoft Access Sebagai Komunikasi Bisnis Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen,” Bsi, vol. 2, no. 1, pp. 166–173, 2019.

A. W. Anto, A. L. Noerman Syah, Y. Priatna Sari, and A. Zul Fauzi, “Desain Database Menggunakan Microsoft Access Pada Siswa-Siswi SMK PGRI Kabupaten Brebes,” ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 367–371, 2020, doi: 10.35568/abdimas.v3i2.643.

E. T. Siregar and O. Alfina, “Pelatihan Pembuatan Database Siswa Menggunakan Sql Server Dan Microsost Access Di SMK Negeri 1 Beringin Medan,” J. Prioritas J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 20–54, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/211/114.

D. Anggraeni, S. Aswati, S. R. Maulina Azmi, A. Akmal, M. Dewi, and K. Anwar, “Membangun Database Menggunakan Microsoft Access 2007,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 1, no. 1, pp. 7–14, 2018, doi: 10.33330/jurdimas.v1i1.381.

Malabay, “Pendahuluan Informasi dan Komputer serta aplikasi yang proses pembelajaran terhadap aplikasi Microsoft Excel yang dapat memberikan solusi dari kebutuhan mendukung menyelesaikan pekerjaan dengan kebutuhan pengolahan angka , grafik dan tabel input , proses,” J. Abdimas, vol. 2, pp. 38–42, 2016.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PUBLIDIMAS

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.