PERANCANGAN KEMASAN PRODUK RUMAH MAKAN PATINKU DI MEDAN
Sari
Medan sangat kaya dengan berbagai jenis kuliner, di mana jenis makanan dari berbagai daerah ada di sana. Namun untuk kemasan produk makanan tersebut masih tidak semuanya memilikinya. Kemasan adalah salah satu yang dibutuhkan untuk bersaing dan menarik minat konsumen, dimana desain kemasan produk selain berfungsi sebagai pelindung produk tetapi juga sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan citra suatu perusahaan (usaha). Rumah Makan Patinku yang berada di Kota Medan adalah rumah makan yang memiliki ciri khas makanan tradisional dengan produk unggulan rumah makan tersebut adalah ikan patin. Oleh karena itu perancangan desain kemasan produk sangat berpengaruh untuk berkomunikasi dengan masyarakat dalam menyampaikan citra Rumah Makan Patinku. Konsep utama yang digunakan Rumah Makan Patinku adalah daun pisang sebagai ide kreatif mendesain kemasan. Desain kemasan menggunakan penelitian ilmiah yaitu studi literatur, observasi, dan juga teknik analis SWOT, sehingga dihasilkan rancangan yang sesuai dengan citra dan ciri khas Rumah Makan Patinku. Desain kemasan yang diciptakan adalah pembungkus nasi, kotak nasi, kotak ikan patin bakar, kantong kertas (paper bag), stiker pack plastik kontainer, cup jus minuman, dan kantong plastik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Christina, Jovita et al. 2017. “Perancangan Desain Kemasan Produk Ledre’Ny. Seger’”. Jurnal DKV Adiwarna Vol 1, hal :32-42.
Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa : Jakarta
Handojo, Roy Grace et al. 2016. “Perancangan Kemasan Inovatif Gado-Gado Arjuna Pak Satumin Surabaya”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna Vol 1 No.8, hal. 1-9.
Klimchuk, Marianner Rosner dan Sandra A. Krasovec. 2007. Desain Kemasan. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Moleong, Lexy J. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Natadjaja, Listia et al. 2014. “Makna pada Teks Desain Kemasan Jamu Khusus Wanita”. Jurnal Bahasa dan Seni Tahun 42, No.1, hal. 51-65.
Pamela, Apsari Wiba dan Oki Hamka Suyatna. 2014. “Perancangan Kemasan Produk Perawatan Kulit Gizi Indonesia”. Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa dan Desain Vol 3, No. 1 , hal : 1-8.
Sanyoto Ebdi, Sadjiman. 2009. Nirmana Dasar-dasar Seni dan Desain. Yogyakarta : Jalasutra.
Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.
Wahyudi, Rizqi et al. 2013. “Analisis Mutu dan Kemasan Lempuk Durian (Durio Zibethinus Sp)”. Jurnal Industri, Vol 2 No.1, hal:1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.5.1.2019.24-37
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.