MISE EN SCENE PADA IKLAN REJOICE INDONESIA DENGAN ANALISIS SEMIOTIKA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mise en scene serta pemaknaan denotasi, konotasi, dan mitos analisis Roland Barthes pada iklan Rejoice Indonesia. Iklan Rejoice Indonesia menampilkan Fatin Shidqia Lubis sebagai brand ambassador pada penayangan iklan melalui media televisi dan channel youtube resmi Rejoice Indonesia. Musik kolaborasi video “Aku #Hijabisa” merupakan musik kolaborasi video Rejoice dan Fatin. Musik kolaborasi video ini memberi simbol sebagai wanita berhijab jangan takut meraih mimpi dan Rejoice membantu Fatin dan para hijabers untuk meraih mimpinya tanpa masalah rambut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Objek Penelitian dan Unit Analisis pada penelitian ini adalah “Mise en Scene pada Iklan Rejoice Indonesia dengan Analisis Semiotika”. Sedangkan unit penelitian yaitu analisis keempat unsur Mise en Scene yaitu setting (latar), kostum dan tata rias (make-up), pencahayaan, pemain dan pergerakan. Iklan Rejoice Indonesia dibedah menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Makna denotasi yang terlihat yaitu adegan beberapa wanita berhijab sedang menari mengikuti alunan musik dengan gerakan yang sama tanpa takut berkeringat di rambut yang menyebabkan ketombe. Makna konotasi yaitu menjelaskan bahwa seorang wanita berhijab mampu melakukan aktivitas diluar ruangan, hijab tidak menghalangi seorang wanita dalam melakukan beberapa aktivitas seperti bermain basket. Mitos pada Iklan Rejoice Indonesia berkonsep musik kolaborasi memboyong ketidak sengajaan wanita-wanita berhijab yang sedang sibuk dengan aktivitasnya untuk mengikuti lirik lagu dan menari bersama Fatin Shidqia Lubis sebagai brand ambassador. Unsur ketidak sengajaan mengikuti alunan musik dan menari tersebut seperti naluri alami, ditandai dengan kepura-puraan meninggalkan aktivitasnya untuk ikut menari dalam frame tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Armanto, RB. Dan Paramita, Suryana. 2017. Penulisan Skenario Film Panjang. Jakarta : Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta.
Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Christomy, T. dan Yuwono Untung. 2004. Semiotika Budaya. Depok: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.
Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta Utara: PT. RajaGrafindo Persada.
Hanggarawan, Ginanjar. 2015. Semiotik Mise en Scene dalam Film Pintu Terlarang Karya Joko Anwar, Tesis Universitas Muhammadiyah Malang.
Malika, Ika dan Lestari, Petri, Sinta. 2018. Analisis Semiotika dalam Iklan “Fair and Lovey versi Nikah atau S2, Jurnal Egaliter, Vol.1 No.2 Maret 2018.
Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press.
Prianto, Antonius. 2016. Analisis Semiotik Iklan Air Minum dalam Kemasan Aqua Versi “Keluarga Banyu” di Media Televisi, Skriptorium, 2016, Vol. 1, No. 3.
Putra, I Wayan, Daryatma et al 2015. Representasi Mistik dalam Film Mystics In Bali 1981, e-Proceeding of Art and Design, 2015, Vol.2, No.1 April 2015.
Rusmana, Dadan. 2014. Filsafat Semiotika. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Sopianah, Siti. 2010. Analisis Semiotik Terhadap Iklan Susu Bendera Edisi Ramadhan 1430 H di Televisi, Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tenggono, Calvien, Muttaqin. 2016. Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Iklan Rokok Sampoerna A Mild “Go Ahead” di Media Televisi, Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016.
WEBTOGRAFI
http//www.youtube.com/watch?v=1ZNshvAdc2k : diakses 10 Desember 2018 pukul 09.12 WIB).
http//www.youtube.com/watch?v=5S9LfUkdavM diakses 10 Desember 2018 pukul 10.08 WIB).
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.2.2019.159-173
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.