PERANCANGAN IDENTITAS KOTA TANJUNGBALAI ASAHAN DENGAN MEMANFAATKAN OBJEK KERANG

Sri Wahyuni Panjaitan

Sari


Tulisan ini membahas tentang perancangan Identitas Kota Tanjungbalai Asahan dengan memanfaatkan Objek Kerang. Kota Tanjungbalai Asahan dikenal sebagai kota kerang, karena hasil terbesar dari potensi lautnya adalah kerang. Namun pengenalan Kota Tanjungbalai Asahan belum terolah dan dikemas secara baik. Masih banyak orang yang belum mengetahui Kota Tanjungbalai Asahan sebagai Kota Kerang. Hal tersebut menciptakan image yang kurang menarik bagi masyarakat luas, dan wisatawan. Padahal sesungguhnya Kota Tanjungbalai Asahan mempunyai potensi yang patut dibanggakan oleh Pemerintah dan masyarakatnya. Untuk memperkenalkan Kota Tanjungbalai Asahan secara luas dibutuhkan identitas yang khas dari Kota Tanjungbalai Asahan. Identitas yang dirancang berupa media utama yaitu logo berupa logogram  dan media pendukung yaitu gapura selamat datang, gapura Tanjungbalai Food Court, sign system, mug, kaos, x-banner, sticker, kartu nama, name tag, pin, dan gantungan kunci. Semua media tersebut merupakan bagian dari proses Identitas Kota Tanjungbalai Asahan.


Kata Kunci


Identitas; Kerang; Logo; Tanjungbalai Asahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Kusrianto, Andi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi.

Rhenald, Kasali. (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Putaka Utama Grafiti.

Rustan, Surianto. (2010). Mendesain Logo. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sanyoyo, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain, Edisi Kedua. Jalasutra: Yogyakarta

Swasty, Wirania. (2016). Branding-Memahami dan Merancang Strategi Merek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Weeler, Alina. (2009). Desaigning Brand Identity. Jhon Wiley & Sons, Inc., Hoboken : New Jersey.

Tulisan/ artikel dalam buku:

Iskandar, Riki.(2016). Branding Songket Silungkang : Tesis Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia : Padangpanjang.

Satria, Haris.(2013). City Branding Kota Padang : Tesis Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia : Padangpanjang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.2.2019.136-148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter