PERANCANGAN VISUAL BRANDING IDENTITY MIE SOP KAMPUNG BU VIA MEDAN

Desi Priani

Sari


Mie Sop Kampung Bu Via merupakan sebuah warung kuliner yang mempunyai menu utama yaitu mie sop. Mie sop yang dihidangkan di warung ini berisi mie, bisa mie kuning, mie bihun, kwetiau atau perpaduan dari ketiganya kemudian disiram dengan kuah sop bercitrarasakan rempah khas Sumatera. Untuk campuran lainnya bisa dengan daging ayam atau sapi. Pemilik dari warung ini bernama Supiah dan ini merupakan usaha keluarga sejak tahun 2015. Seiring waktu berjalan, Mie Sop Kampung Bu Via ini sudah mempunyai banyak pelanggan. Namun, warung mie sop ini belum memiliki visual branding identity yang tetap sebagai citra identitas dan pembeda dari warung mie sop lainnya. Tujuan perancangan visual branding identity Mie Sop Kampung Bu Via untuk membentuk brand awareness dan segmentasi pasar di masyarakat dari ciri khas dan keunggulan yang dimiliki melalui proses visual branding identity. Metode analisis yang digunakan dalam perancangan visual branding identity Mie Sop Kampung Bu Via menggunakan pendekatan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Orientasi pengembangan ide perancangan visual branding identitas ini meliputi media utama berupa logo dan media pendukung berupa banner, kartu nama, nota, stempel, daftar menu, kemeja dan celemek. Diharapkan dengan perancangan visual branding identitas ini dapat memberi kontribusi yang berarti melalui positioning, di samping memperkuat daya saing bagi kompetitor warung mie sop yang telah berkembang pada saat ini.

Kata Kunci


visual branding; branding; identity; mie sop

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Archer, Bruce L. (1976). Courses in Design Research. Module 1, Seminar 1: What are we doing here?, unpublished lecture notes.

Ardhi, Yudha. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. Yogyakarta : TAKA Publisher.

Rustan,Surianto.(2009).Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sachari,Agus.(2005).Metodologi Penelitian Budaya Rupa .Jakarta : Erlangga.

Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikai Visual I. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sularko,Herdidkk.(2008). How Do They Think . New York : Mosher Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.1.2018.38-49

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter