PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA MUSEUM NEGERI SUMATERA UTARA

Ayu Soraya

Sari


Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara diresmikan tanggal 19 April 1982 oleh Daoed Yoesoef selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan namun belum banyak yang mengetahui keberadaan Museum Negeri Sumatera Utara. Kurangnya media promosi menyebabkan jumlah pengunjung terus menurun setiap tahun. Perancangan media promosi yang komunikatif sesuai dengan target audience diharapkan mampu meningkatkan minat berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara. Konsep perancangan dibuat menggunakan pendekatan media pembelajaran sehingga target audience akan lebih memahami museum dengan tampilan yang dikemas dalam bentuk 3Ddan menggunakan teknik Augmented Reality dan menggunakan marker sebagai pendukungnya. Marker yang digunakan dalam rancangan ini merupakan marker buatan bukan marker alami. Augmented reality adalah gabungan antara objek virtual dengan objek real. perancangan diwujudkan dalam sebuah aplikasi Augmented Reality yaitu “AR Sinolgi MuNeg SUMUT”. Metode penciptaan yang digunakan dengan melakukan eksplorasi, menentukan perancangan dan mengimplementasikan rancangan yang telah di tetapkan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi augmented reality sebagai media utama dan beberapa media pendukung lainnya seperti baju, mug, sepanduk, stiker, dan gantungan kunci

Kata Kunci


Museum; Sumatera Utara; Perancangan; Augmented Relality “AR Sinolgi MuNeg SUMUT”

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dameria, Anne. 2007. Color Basic. Jakarta : Penerbit Link & Match Graphic.

Geroimenko, V. 2012. “Augmented Reality Technology and Art: The Analysis and Visualization of Evolving Conceptual Models. Information Visualisation (IV)” dalam 2012 16th International Conference (pp. 445- 453). IEEE.

Kusmiati R, Artini. dkk. 1999. Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Priscilia, Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal NIRMANA. Universitas Kristen Petra

Pujiriyanto. 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi.

Suptandar, Pamudji. 1995. Manusia dan Ruang dalam Proyeksi Desain Interior. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara

Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta

R. Azuma. 1997. “A survey of Augmented Reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ, vol. 6, no. 4, pp. 355–385. www.cs.unc.edu/~azuma/ARpresence.pdf, diakses tanggal 5 Februari 2018.

https://www.researchgate.net/publication/258514340, diakses 14 Februari 2018

https://museumku.wordpress.com/2010/04/15/museum-negeri-provinsi-sumatera-utara/, diakses 14 Februari 2018

http://www.museumindonesia.com/museum/33/1/museum_negeri_provinsi_sumatera_utara_medan, diakses 14 Februari 2018

http://www.Youtube.com, diakses 31 Januari 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah, diakses pada 20 Februari 2018

https://support.apple.com/id-id/HT204657, diakses tanggal 04 Juni 2018

www. wikipedia.com




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.4.1.2018.13-25

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter