KAMPANYE SOSIAL KEMBALI KEMAKANAN SEHAT

Rani Hermita, Susas Rita Loravianti, Syafwandi Syafwandi

Sari


Tulisan ini bertujuan untuk menciptakan  masyarakat yang lebih perduli terhadapat makanan yang mereka konsumsi. Hal ini disesbabkan karena pada saat sekarang sudah terlalu banyak makanan siap saji yang mengandung bahan pengawet. Kesadaran masyarakat Indonesia akan makanan sehat  terhadap kesehatan masih sangat rendah. Masyarakat Indonesia tidak memperhatikan makanan siap saji yang dikonsumsi dapat berdampak buruk bagi kesehatan di kemudian hari. Masyarakat lebih memilih makanan siap saji dibandingkan makanan yang di masak sendiri, karena lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Penulis mengemas sebuah kampanye sosial melalui media iklan layanan masyarakat, yang disusun secara terarah dan menyeluruh (integrated) serta didukung konsep kreatif yang membangkitkan emosi audience.

Kata Kunci


Makanan; Masyarakat; Kampanye sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, A.K. (2013). Hubungan Kejadian Obesitas pada Anak dengan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Siap Saji di SDIT Ulul Albab Bekasi. Jurnal Kesehatan.

Antar, Venus. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

https://media.neliti.com/media/publications/81516-ID-perancangan-media-kampanye-makanan-veget.pdf diakses tanggal 20 Mei 2017.

Kinti, Novia (2015) makalahjunkfood.blogspot (Online) Tersedia

http://makalahjunkfood.blogspot.co.id/ diakses tanggal 20 Mei 2017

Khasali. (1993). Manfaat Iklan Layanan Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Khomsan, Ali (2004). Peranan Pangan Dan Gizi Untuk Kualitas Hidup. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Kusrianto, Adi. (2006). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

Lankow, J., Ritchie, J., Crooks, Ross. (2014). Infografis: Kedahsyatan Cara

Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Surbakti, Ramlan. (2006). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sulistijani. D.A. (2002). Sehat dengan Menu Berserat. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Supriyono, Rahmat. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.153-163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter