PERANCANGAN LOGO RUJAK SIMPANG JODOH MEDAN

Sri Wahyuni Panjaitan, Febri Yulika, Agung Eko Budi Waspada

Sari


Tulisan ini membahas tentang perancangan logo Rujak Simpang Jodoh.Rujak Simpang Jodoh merupakan pusat kuliner makanan rujak tradisional, rujak tersebut dibuat dari buah-buahan yang segar dan bumbunya yang kental,salah satu ramuan bumbunya adalah pisang batu muda yang merupakan ciri khas Rujak Simpang Jodoh. Kuliner ini ada sejak tahun 1950an sampai sekarang. Rujak Simpang Jodoh ini terkenal sehingga banyak konsumen yang membeli. Tetapi belum adanya identitas yang jelas pada Rujak Simpang Jodoh ini sebagai kuliner Kota Medan, maka dari itu dilakukan branding logo Rujak Simpang Jodoh.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya, studi pustaka, observasi dan wawancara langsung kepada pihak yang terkait. Dari hasil analisis dari seluruh pengumpulan data dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan identitas visual/logo bagi Rujak Simpang Jodoh. Konsep perancangan ini terdiri dari logogram dan logotype. Konsep logogram adalah sebuah cabai merah yang menangis kepedasan, sedangkan logotypenya adalah Rujak Simpang Jodoh dengan tipografi Unj-Bilquet.

Kata Kunci


Logo; Rujak Simpang Jodoh

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Shrimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Grafiti

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Tulisan/ artikel dalam buku:

Amadia, Rini. 2017. Perancangan Destination Branding Lembah Harau Sebagai Kawasan Ekowisata : Tesis Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia : Padangpanjang.

Iskandar. (2013). City Branding Kota Padang : Tesis Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia : Padangpanjang.

Jurnal :

Nugraha, Ruchiat. Pengaruh Design Logo Baru Yang Berbasiskan Kearifan Lokal Terhadap Citra Perusahaan.Jurnal Makna Vol.5 No.1

Yenata,Anita. Pengaruh Tingkat Ketertarikan pada Desain Logo dan Nama Merek Terhadap Brand Image.

Yunelisa, Feni, dkk. (2015) Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Bukittinggi Kota Pariwisata. Jurnal e-Proceeding of Art & Design Vol.2, No. Agustus 2015. Universitas Telkom.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.3.1.2017.68-78

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter