PERANCANGAN GAME SEBAGAI MEDAI PEMBELAJARAN BERKEBUN HIDROPONIK

Suprianingsih Suprianingsih, Susa Rita Loravianti, Syafwandi Syafwandi

Sari


Perancangan Game Sebagai Media Pembelajaran Berkebun Hidroponik ialah sebuah perancangan game yang bertujuan sebagai media pembelajaran bagi masyarakat kota medan yang saat ini semakin pesat dengan pengembagan teknologi dan pembangunan yang berdampak pada pengalihan fungsi lahan seperti lahan persawahan dan perkebunan yang saat ini menjadi lahan tinggal dan bangunan industry. Dalam game yang dirancang ini pemain diajak berkebun dengan metode hidroponik yang tidak hanya sekedar bermain saja namun juga belajar karna dalam game ini terdapat informasi bagaimana cara berkebun secara hidroponik mulai dari media-media yang digunakan, cara menyemai, hingga cara perawatan tanaman hidroponik yang akan memberikan pembelajaran pada saat bermain game. Game sering kali dituduh memberikan pengaruh negatif terhadap anak. Faktanya, Game mempunyai fungsi dan manfaat positif bagi anak, di antaranya, anak mengenal teknologi komputer, pelajaran untuk mengikuti pengarahan dan aturan, latihan memecahkan masalah dan logika, melatih saraf motorik dan keterampilan spasial, menjalin komunikasi anak-orangtua saat bermain bersama, serta memberikan hiburan.

Kata Kunci


Hidroponik; Game; Perancangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Maulana, Irman. (2014). Pemrograman Game Dengan Actionscript 3.0 Pada Adobe Flash CS6. Yokyakarta: Andi

Wibawanto, Wanda. (2013). Membuat Game Flash 3D Itu Mudah. Yokyakarta: Andi

Wahana Komputer. (2012). Adobe Plash CS6. Yokyakarta: Andi

Wahana komputer. (2014). Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe Air. Yokyakarta: Andi

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Umar, Fadilah Umi, dkk (2018). Jago Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Jakarta: Agro Media Pustaka

Sarwono, Jonthan dan Hary. (2007). Metode Riset Untuk Desain Komunikasi Visual. Yokyakarta: Andi

Asror, Lutfi, dkk (2012). Perancangan Dan Pembuatan Game Online “Penyelamatan Tawanan Perang” Berbasis Html 5 Untuk Penerapan Aplikasi Game Facebook Menggunakan Engine Construct 2: Vol. 13, No. 3 September 2012.

Suptandar, Pamudja. 1995. Manusia Dan Ruang Dalam Proyeksi Interior. Jakarta: UPT Penerbit Universitas Tarumanegara.

Edwardi, Fariki. 2017, 3D Puzzel Rumah Gadang Rajo Babanding: Program Pascsarjana Institit Seni Indonesia.

Kusmiati, R. Artini. Dkk 1999. Teori Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Syariefa Evy, Dkk.2014, Hidroponik Praktis, Jakarta: PT. Trubus Swadaya

WEBSTOGRAFI

https://mindaschool.blogspot.com

http://adinesworld.blogspot.com

http://www.yourgardeninginfo.com

https://www.slideshare.ne

https://mediatani.co/budidaya-hidroponik-strawberr.com

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Medan#Sejarah




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.2.1.2016.90-104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter