PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SAVE KENDENG

John John, Sony Sirait

Sari


Air bersih adalah sumber kehidupan yang paling utama bagi makhluk hidup, namun hal ini yang mulai terasa asing di daerah Gunung Kendeng. Pegunungan Kendeng merupakan daerah pegunungan kapur yang membentang di bagian utara Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pegunungan kendeng yang kaya akan kapur dijadikan sumber penambangan utama bagi industri semen. Pegunungan Kendeng juga kaya akan mineral air yang menetes melalui stlaktit, turun ke sungai dan dimanfaatkan masyarakat utuk irigasi sawah, minum, mandi, dan sebagainya. Namun hal ini terasa semakin sulit karena kian berkembangnya industri penambangan di sekitar Gunung Kendeng, sehingga sumber mata air utama di daerah tersebut nyaris hilang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mencari seberapa peduli masyarakat terhadap kelangsungan hidup di daerah pegunungan Kendeng. Hasil dari penelitian berupa Iklan Layanan Masyarakat yang akan ditampilkan di media sosial.

Kata Kunci


ILM; Jawa tengah; Kendeng; Kuantitatif; Media Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cenadi, C. Suharto. (1999). Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jurnal Nirmana Vol. 1, No.1, Januari 1999, hal. 1 -11.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Prayitno, Karina Tiffany, et al. (2013). Perancangan ILM Kampanye Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Dini. Jurnal DKV Adiwarna Vol. 1, No. 2, hal. 121-131.

Pujrianto. (2005). Desain Grafis Komputer (Teaori Grafis Komputer). Yogyakarta: Andi Offset.

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2005). Nirmana Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.

Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis.(2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Setyawan, Eka Ari. (2014). Kampanye Sosial Penanggulangan Sampah Plastik di Kabupaten Bekasi Timur. Jurnal Komposisi Vol. 1 No. 2, hal. 1-11.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: P.T.Rosdakarya.

Vardiansyah, Dani. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Widiantoro,Danu. (2015). Strategi Perancangan Poster Pada ILM Kampanye Menabung Air di Yogyakarta. Jurnal Kreatif Vol. 3, No. 1, Mei 2015, hal. 155-164.

Wong, Wucius. (1986). Principle of Form and Design. New York: Von Nostraid Reinhold.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.1.2.2016.202-214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter
data macauslot deposit pulsa 5000web slot gacor 2023slot gacor maxwinslot gacorjoker768https://jkn.unitri.ac.id/classes/demo/demoslot gacor hari inislot bonus new memberslot demo