KETERKAITAN ELEMEN INTERIOR TEMPAT MAKAN TERHADAP SOSIAL MASYARAKAT

Ivo Ramadhani

Sari


Tempat makan di Kota Medan semakin populer dilihat dari beberapa tahun terakhir ini. Banyak elemen-elemen interior yang menjadi fasilitas pendukung tempat makan tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur lingkungan yang disukai oleh serta dapat mempengaruhi respon sosial masyarakat pada tempat makan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif untuk menentukan variabel yang dapat digunakan sebagai stimulus eksperimen berikutnya guna mendapatkan respon persepsi, emosi, dan sikap kemudian data hasil eksperimen dianalisis menggunakan ANOVA (Analisis of Variance), menunjukkan bahwa elemen interior yang paling mempengaruhi sosial masyarakat pada tempat makan tersebut;  meskipun  gaya  modern dapat membangkitkan respon sosial persepsi, emosi, elemen dekoratif dan furniture yang paling efektif; ditemukan juga hubungan antara persepsi, emosi, dan sikap kaitannya dengan proses persepsi, emosi dapat mempengaruhi sikap masyarakat pada tempat makan, hal ini sejalan dengan mekanisme persepsi dimana kontribusi sosial dapat membangkitkan emosi sehingga mempengaruhi persepsi dan munculnya sikap masyarakat pada tempat makan tersebut.

Kata Kunci


elemen interior; sosial masyarakat; tempat makan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Quigley, S.R. Pengaruh Interior Mall Terhadap Kehidupan Sosial, Gaya Hidup, dan Penampilan Remaja. Program Studi Sarjana Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

S.P, Fhery. 2008. Pengaruh Aspek Sosial Budaya Pada Desain Interior Hotel Niagara Di Lawang. Jurusan Desai Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya.

S.R., Miranti, dkk. 2017.Pengaruh Elemen nterior Restoran Terhadap Pengalaman Nostalgio Konsumen. Program Studi Magister Seni Rupa, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung,Bandung.

Nugroho, Eko. 2008. Pengenalan Teori Warna. Jakarta: Andi Publishers

Website:

Saputri, Andi. 2015. “Proses Persepsi”. [cited: 2015 Maret,1]. Available from :https://andisaputri26.wordpress.com/2015/03/19/proses-persepsi/

Sutanujaja, Elisa. 2001, 7 Maret. “Desain Interior dan Ekonomi Kota”. [diakses: 2015 juni]. Available from http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/39392/6.pdf

Utama, David. 2010, 9 Desember. “Atmosfer Ruang”. [diakses: 2015 juni]. Available from : http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/39392

“Pengaruh Interior Restoran The Kiosk Balubur Town Square Terhadap Perilaku Pengunjung”. [diakses: 2015 juni]. Available from :http://www.academia.edu/13299351/

Pengaruh_Interior_Restoran_The_Kiosk_Balubur_Town_Square_Terhadap_Perilaku_Pengunjung

https://makanmana.net/2015/11/19/ismud-park-cafep-marketplace/




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.1.2.2016.129-141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter