Pemanfaatan Material Ramah Lingkungan Pada Interior Kantor Untuk Kenyamanan Pengguna Di PT. Ruang Hijau Bandung

Joe Pali, Tessa Eka Darmayanti

Sari


Bagaimana cara untuk menentukan nyaman tidaknya pengguna pada suatu ruangan seperti ruang kantor cukup bergantung pada suasana interior pada bangunan. Kenyamanan pengguna bergantung pada bagaimana pengaplikasian material, penggunaan warna, dan hal-hal yang terkait pada desain interior ruang kantor. Untuk menambah kenyamanan, penggunaan bahan material alami sangat menunjang suasana interior sebuah ruangan. Bagaimana penggunaan material yang ramah pada lingkungan baik pada interior kantor maupun pada furnitur yang berada didalamnya serta penerapannya adalah hal yang menjadi fokus utama masyarakat saat ini. Hal ini terkait dengan dampak globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak baik yang diberikan oleh pemanfaatan material ramah lingkungan yang diterapkan pada interior ruang kantor terhadap kenyamanan pengguna. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan terkait bagaimana pemanfaatan material ramah lingkungan pada interior kantor untuk kenyamanan pengguna, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk itu, diharapkan pembaca dapat memahami dampak positif dari penggunaan material alami dan juga dapat menerapkan kedalam interior kantor mereka.

Kata Kunci


ramah lingkungan; interior; kenyamanan; material; kantor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Ira. (2020). Green Design, Apakah Itu? Binus University.

Badan Pengembangan dan Pusat Bahasa (2012). Lingkungan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Badan Pengembangan dan Pusat Bahasa (2012). Ramah, Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Basuki, Achmad. (2013). Ventilasi Pada Bangunan, Sebelas Maret University. Harian Joglosemar.

Bella, Christa. (2022). Penerapan Material Ramah Lingkungan Pada Microlibrary Bima Kota Bandung. Jurnal Wasa Cipta Ruang. 8. (37-41).

CAST Foundation (2022). Green Design, Sustainable Design, Eco-Design, Apa Bedanya? CAST Foundation.

Darmayanti, Tessa Eka, and Azizi Bahauddin. (2019). Rebuilding Space in Peranakan House in Lasem, Indonesia: Perceived Space Concept. In, 651–661.

Hidayat, July (2019). Desain Hijau: Pemanfaatan Limbah Kayu Jati untuk Desain Furnitur Naratif dengan Aplikasi Finis Ramah Lingkungan. journal.untar.ac.id.

Kant, Immanuel. (1770). The Inaugural Dissertation: Concerning the Form and Principles of Sensible and Intelligible World. Stanford Encyclopedia of Philosophy. 1770.

Maile, M. (2002). Richard Kelly: American Architectural Lighting Design: From Johnson’s Glass House to Seagram’s Glass Box, 1948-1958. Bard Graduate Center. Studi Kasus Kurniawan Rudy, Waca Cipta Ruang.

Mardatila, Ani (2020). Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli dan Jenisnya yang Perlu Diketahui. Merdeka.com.

Organisasisetda (2018). Pentingnya Kenyamanan Dalam Bekerja. Organisasisetda.bululengkab.go.id.

Ramawangsa, Panji Anom, Atik, Prihatiningrum, dan Mase, Lindung Zalbuin. (2020). Pemanfaatan Bahan Ramah Lingkungan Untuk Desain Penghijauan Vertikal Sebagai Upaya Menciptakan Kenyamanan Termal. Journal of Character Education Society. 145-152.

Siagian, Indira Shita. (2005). Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan (Salah Satu Aspek Penting Dalam Konsep Sustainable Development). Universitas Sumatera Utara.

Soja, Edward W. (1998). Thirdspace: Journeys to Los Angeles and Other Real-and-Imagined Places. Capital & Class 22 (1): 137–39.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahriyah, Dewi Rachmaniatus. (2016). Penerapan Aspek Green Material Pada Kriteria Bangunan Rumah Lingkungan Di Indonesia. In Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016, 95–100

Thabroni, Gamal. (2022). Desain Interior: Pengertian, Sejarah, Tujuan, & Ruang Lingkup. Serupa.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.8.1.2022.11-23

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter