Representasi Elemen Visual Pada Film Dokumenter Kampoeng Kunyit
Sari
Kampoeng Kunyit merupakan sebuah film dokumenter yang menampilkan keberadaan sebuah kampung yang terletak di Desa Batang Kuis Kabupaten Delis Serdang. Film sendiri merupakan sebuah karya seni hiburan dan sekaligus sebagai media komunikasi modern yang mampu mereleksikan sebauh keadaan realita dengan cara yang estetik. Pengangkatan tema sebagai topik film dokumenter didasari atas memberikan kedekatan hubungan psikologis antara penonton dengan isu yang disajikan. Tujuan penelitian ini adalah Representasi Elemen Visual Pada Film Dokumenter Kampoeng Kunyit. Elemen Visual yang terdapat dalam film dokumenter tersebut digambarkan dalam beberapa scene yang terdapat didalam film dokumenter tersebut. Dalam mengungkap bentuk representasi elemen visual peneliti menggunakan teori representasi yang dipopulerkan oleh Stuart Hall. Metode kualitatif peneliti pilih untuk menemukan data yang terdapat dalam film dokumenter Kampoeg Kunyit. Sementara hasil yang yang terdapat dalam penelitian ini adalah bahwa film dokumenter Kampoeng Kunyit mampu menyampaikan pesan dalam aspek komposisi, pencahayaan, pewarnaan dan art direction yang terdapat dalam berbagai scene.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alex Sobur, 2003, Semiotika Komunikasi Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Brown, Blain.2016. Cinematography: Theory and Practice. United Kingdom: Taylor & Francis Group
Barker, Crish. 2000. Cultural Studies. London : Kreasi Wacana.
Bagus, Fakhri.Hadifahmi, Pratama 2021. “Analisis Elemen Visual Pada Set Desain Film”Parasite”. Jurnal Koma 2021
Hermawan. S,. Stephanus. 2011.Mudah Membuat Aplikasi. Android.Yogyakarta : Andi Offset. Alexander Raymond.
Irawanto, Budi. 1999. Film Ideologi, dan Militer. Yogyakarta: Media Pressindo.
Mulyana, Deddy.2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Michael, R & Lenos, M. 2020. An Introduction to Film Analysis: Technique and Meaning Narrative Film. London: Bloomsburg Publishing.
Sulistiyawati, Puri. Irawan, Dimas. Ulumuddin. 2019. “ Analisis Komponen Visual Dasar Sinematografi Dalam Film Live Action “Green Book”. Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol.04 No.02.
Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo.
Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan
Webtografi
https://tumpi.id/14-tipe-shot-dalam-pengambilan-gambar-film.
https://kasmanto.wordpress.com/cahaya-dan-pencahayaan-dalam-pembuatan-film
http://yoodeo.com/blog/read/warna-dalam-film-dan-makna-di-baliknya
DOI: http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.7.2.2022.168-177
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Kantor Redaksi PROPORSI Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.