DAMPAK POSITIF PEMBERIAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMILIHAN JURUSAN PADA SISWA SMK SWASTA PABAKU STABAT

Zuraidah Zuraidah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif pemberian bimbingan konseling terhadap pemilihan jurusan pada siswa SMK Swasta Pabaku Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada dampak yang positif antara pemberian bimbingan dan konseling terhadap pemilihan jurusan di SMK Swasta Pabaku Stabat. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa 1). Pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling di SMK Swasta Pabaku Stabat Tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata 2,77. 2). Pelaksanaan kegiatan pemilihan jurusan di SMK Swasta Pabaku Stabat Tahun 2015/2016 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata 2,80. 3). Terdapat korelasi yang signifikan antara bimbingan konseling terhadap pemilihan jurusan di SMK Swasta Pabaku Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dibuktikan dengan r product moment  0,487 signifikansi 0,002. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa: “layanan bimbingan konseling memberikan dampak yang positif terhadap pemilihan jurusan di SMK Swasta Pabaku Stabat”.

Kata Kunci


Bimbingan konseling; pemilihan jurusan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A dan Rohani, A. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 1995. Management Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 1995. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta.

Dewa, S. K. 1985. Pengantar Teori Konseling – Suatu Uraian Ringkas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dewi, R. 1998. Metodologi Penelitian. Medan: STIE Harapan.

Erman, A dan Marjogan. 1992. Bimbingan dan Konseling. Depdikbud. Jakarta: Proyek pembinaan Tenaga Kependidikan.

Erman, A dan Marjogan. 1993. Bimbingan dan Konseling. Depdikbud. Jakarta: Prtoyek pembinaan Tenaga Kependidikan.

Gunarsa, S. 1996. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hamalik, O. 1993. Metodologi Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Kurikulum Sekolah Menengah Umum. 1994. Petunjuk Pelaksanaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Partowisastro, K. 1986. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.

Percival, H. W. 1968. The Guidance Function in Education. New York: Appleton-Century-Crofts.

Prayitno. 1998. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMU. Depdikbud. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SMU.

Sujanto, A. 1981. Bimbingan ke Arah Belajar yang Efektif. Jakarta: Bharata Raya Angkasa.

Suryabrata, S. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Winkel, W.S. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: Grasindo.

_______. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Yusuf, G. 1992. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.54-64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kantor Redaksi Jurnal Psikologi Kognisi. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.