PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA PERANGKAT LUNAK TEBAK HURUF HIRAGANA BERBASIS ANDROID

Rieko Insan Arief, Linda Wahyuni, Khairani Puspita

Sari


Jepang merupakan negara maju akan hal teknologinya, oleh karena itu  banyak dari kita yang ingin ke Jepang sebagai pelajar maupun pekerja, untuk bisa ke Jepang bagi pelajar maupun pekerja di haruskan untuk dapat berbahasa Jepang dengan pasif. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang menggunakan huruf atau abjad yang berbeda dalam penulisan standar internasional. Sehingga bahasa Jepang sulit dipelajari, karena pembelajaran tidak hanya menghafal hurufnya saja, namun penulisan serta bentuk hurufnya  juga harus dikuasai. Hal ini menjadi penting untuk dikaji lebih dalam, agar dibuat aplikasi yang dapat membantu seseorang khususnya untuk masyarakat Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang pada tingkat pemula yaitu mempelajari huruf hiragana. Hal ini disebabkan karena seorang pelajar tidak hanya membutuhkan buku sebagai  media pembelajarannya, namun  lebih dari itu dibutuhkan media yang lebih efektif dan menarik. Setiap pembelajaran dibutuhkan sebuah tes atau ujian untuk mengukur sejauh mana pemahaman dari pembelajar dalam mempelajari pokok bahasan yang sedang dipelajarinya. Sistem ini akan dibangun berbasis client server menggunkan komputer sebagai servernya yaitu berbasis web dan perangkat Android sebagai clientnya. Perancangan sistem ini dibangun menggunakan Brackets,Notepad++, XAMPP,Browser. Perancangan aplikasi menggunkan metode Linear Congruant Method (LCM) untuk pengacakan soal-soalnya.  


Kata Kunci


Notepad++; Brackets; XAMPP; Browser; Linear Congruant Method (LCM)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional.2003. “Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Jepang Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah”. Pusat Kurikulum. Balitbang Depdiknas. Jakarta.

Renariah. 2002. “Bahasa Jepang dan karakteristiknya”Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra UniversitasKristen Maranatha 1(2): 1-16

Hapsari, W. T., 2013.“Kesalahan Menulis Hiragana Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok”. Journal of Japanese Learning and Teaching Universitas NegeriSemarang 2(1): 1-2.

Ichwan, M, 2011. “Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android”. Institut Teknologi Nasional Bandung, Bandung.

Ashari. 2014. “Perancangan Aplikasi Puzzle Tokoh Pejuang Kemerdekaan Menggunakan Linear Congruent Method”. Pelita Informatika BudiDarma 7(1): 66-71.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.7.1.2019.63-72

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter