Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Planning Dan Analitycal Hierarchy Process Pada PT. XYZ

Sappit Matua Hasibuan, Donny Syahrial Hanafi Daulay

Sari


Perencanaan dan pengendalian produksi sangat diperlukan dalam suatu perusahaan untuk menjamin kelancaran peroduksi yang di lakukan,diantaranya adalah persediaan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.Untuk menghindari masalah tersebut perlu dibuat suatu pemecahan masalah.Perencanaan kebutuhan bahan (Material Requiremen Planning) adalah suatu metode untuk menentukan bahan-bahan atau komponen-komponen apa yang harus di buat atau di beli, berapa jumlah yang dibutuhkan dan kapan. bertujuan untuk merancang suatu sistem yang mampu menghasilkan informasi untuk mendukung pemesanan persediaan bahan bakuyang tepat, Sistem MRP dirancang untuk mengendalikan pesanan-pesanan dalam produksi dan pembelian untuk mengatur aliran bahan baku dan persediaan dalam proses, sehingga sesuai dengan jadwal produksi untuk produk akhir.

Kata Kunci


perencanaan; biaya; bahan baku MRP;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M., & Setiawannie, Y Anugrah, "ANALISA PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TBS MINYAK SAWIT DENGAN METODE MRP," IESM Journal (Industrial Engineering System and Management Journal), vol. 2(1), pp. 67-73, 2021.

N., & Rahmania, T Marikena, "Capacity Requirement Planning Produk Mainan Kereta Api Pada PT. X," IESM Journal (Industrial Engineering System and Management Journal), vol. 1(1), pp. 38-47, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/iesm%20journal.3.2.2022.186-198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi IESM Journal

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241