WS168 slot thailand https://pariamantimur.pariamankota.go.id/assets/ https://sipatudia.bpsdm.sumbarprov.go.id/assets/mahjong/ slot jepang http://46.250.237.148:8005/ http://simokata.tabanankab.go.id/dist/img/thailand/ scatter hitam slot thailand link slot thailand 777 slot powergaming88 slot luar negeri slot gacor maxwin slot gacor hari ini slot gacor terbaru mahjong ways 2 slot thailand jp slot slot bni slot bri slot bsi slot danamon slot gopay slot server korea slot malaysia slot amerika slot rusia fan tan monopoly live lightning roulette mega ball sweet bonanza candyland mega sic bo mega baccarat andar bahar sbobet88 ktm303 slot dubai slot qris powergaming88 Slot Thailand Slot Zeus Pg Soft Starlight Princess Slot Gacor Maxwin Joker123 Sv388 Slot Thailand Slot Thailand Slot Qris slot thailand joker123 mahjong ways 2 888slot slot thailand slot88 sweet bonanza slot jepang slot thailand slot mahjong ways slot qris slot deposit dana slot dana nolimit city slot thailand sv388 slot888 slot kamboja http://labse.ce.undip.ac.id/sejarah/gacorx/ Slot Thailand Starlight Princess Mahjong Ways 2 Slot Maxwin slot thailand akun pro kamboja slot filipina joker123 slot zeus slot88 slot thailand slot mahjong slot megaways NEW SLOT POLA GACOR Slot Server Luar https://mandiri-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ jp slot slot ganas https://cheat-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ crazy time live slot qris https://sqris.angkolatimur.tapselkab.go.id/ slot akurat slot bca slot bni qris https://pragmaticplay.dharmasatyasarana.co.id/ https://dana.sidamaju.skom.id/ https://joker123.putramuko.co.id/ https://akun-pro-rusia.mariyadl.sch.id/ slot zeus server thailand server hongkong slot ovo slot gopay slot linkaja joker123 nolimit city sv388 starlight princess mahjong ways pg slot slot zeus sv388 idn slot https://joker123.elearningmansatuokit.sch.id/ slot server thailand slot thailand https://slot-thailand.itr.ac.id/ https://pn-watansoppeng.go.id/media/jui/server-thailand/ https://dinkes.hsu.go.id/wp-content/uploads/server-thailand/ ladangtoto nolimit city koi gate sicbo online roulette online lice casino live22 baccarat online nolimit city slot ovo slot gopay pragmati play starlight princess slot pg soft slot mahjong slot zeus sv388 digmaan slot mania slot zeus slot thailand server thailand ying77 slot thailand judi bola live casino sv388 pg soft slot dana mahjong ways slot mania slot x500 ladangtoto slot server kamboja digmaan digmaan slot88 scv388 sabung ayam online slot live casino sicbo online live casino online slot thailand ladangtoto sv388 ladangtoto sv388 66kbet slot thailand slot thailand ladangtoto slot thailand server thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor ladangtoto2 ying77 bet server thailand slot thailand ying77 slot88 ladangtoto ladangtoto slot maxwin sv388 sv388 slot gacor 66k bet slot dana sabung ayam inline slot mahjong slot toto slot server thailand slot gacor slot server thailand slot gacor slot thailand situs slot wwg slot slot daftar judi slot online indonesia slot gacor slot mawin slot gacor slot thailand slot gacor slot gacor demo slot pragmatic sv388 slot88 pgsoft Daftar Judi Slot Online Indonesia Paling Gacor di Indonesia Daftar Situs Judi Slot Online SLOT88 lucky neko slot gacor slot88 slot kakek slot maxwin slot thailand Slot Mahjong Ways 2 Mudah Jackpot Paus di PG Soft Hari ini 2023 Lucky Neko Situs Slot Gacor Pgsoft Hari Ini SITUS SABUNG AYAM SV388 ONLINE DAFTAR LINK LOGIN APK AGEN SV388 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID | Rahman | Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS SERANGGA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Rizki Fathur Rahman, Edy Victor Haryanto

Sari


Media pembelajaran pada metamorfosis serangga di sekolah selama ini umumnya masih menggunakan buku ataupun gambar 2 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran yang lebih menarik tentang metamorfosis serangga dengan menggunakan teknologi augmented reality untuk menampilkan objek 3 dimensi sebagai media belajarnya. Augmented Reality dapat dikatakan sebagai metode penggabungan objek-objek maya dan objek nyata dalam waktu nyata (real time) yang berada di lingkungan nyata dan terintegrasi dengan baik dan jelas. Dalam mendukung penelitan ini digunakan software 3Ds Max untuk membuat objek 3D, Unity 3D yang mendukung bahasa pemrograman C# untuk membangun aplikasi dan juga Vuforia SDK untuk mengimplementasikan teknologi augmented reality. Dari hasil pengujian tombol aplikasi dengan menggunakan metode black box didapatkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang di rancang, hasil pengujian pendeteksian akurasi dengan marker berukuran 9x5cm didapatkan bahwa objek 3D akan muncul pada jarak 20cm dengan sudut tidak kurang dari 30°  hingga pada jarak 50cm dengan sudut tidak kurang dari 60°,  pendeteksian paling optimal berada pada jarak 20cm dan sudut 90°.


Kata Kunci


Metamorfosis Serangga; Augmented Reality; Media Pembelajaran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifitama, B. (2017). Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta: Andi.

D. A. Landis. (2017). Productive Engagement With Agriculture Essential To Monarch Butterfly Conservation Environ. Res. Lett., vol. 12, no. 10, p. 101003.

Fauzi, M. (2019). PENGGUNAAN TEKHNIK BLUEPRINT PADA PEMODELAN OBJEK 3D. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(1).

Fujiati, F. (2016). Perancangan Pengembangan Game Ular Melawan Ulat Menggunakan Augmented Reality. Eksplora Informatika, 6(1).

Haryanto, E. V. & Utama, D. T. I. S. P. (2013). SISTEM TRANSFORMASI LUKISAN OBJEK DUA DIMENSI DAN TIGA DIMENSI PADA GRAFIKA KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN MATRIKS TRANSFORMASI.

Kom, S. S. S. (2013). Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula: untuk pemula. Lembar Langit Indonesia.

[7] Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta selatan : REFERENSI (GP PRES GRUP)

Purnama, R. P. (2017). Perancangan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Materi Metamorfosis Berbentuk Video Animasi Dua Dimensi pada SDI Little Camel Mojokerto. Jurnal Seni Rupa Volume : 5, Nomor : 3, 433 – 454. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Rahayu, S. L., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2016). Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran. Jurnal Eksplora Informatika, 6(1), 22-32.

Rizal, M. MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “DAUR HIDUP HEWAN”.

Syahputra, A., & Maulida, R. (2019). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus: SMK TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN). Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(1).

Tahel, F., & Ginting, E. (2018). PENERAPAN APLIKASI FLASH DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS. Jurnal Informatika Kaputama, 2(1).

Tanjung, M. R., & Ginting, D. E. (2015). MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK SAXOPHONE. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 5-9.

Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. PERANCANGAN PENGONTROLAN LAMPU RUMAH DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID.

Akbar, M. B., & Haryanto, E. V. (2018). Aplikasi Steganografi dengan Menggunakan Metode F5. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4(2), 165-176.

Alfina, O. (2019). SISTEM INFORMASI MOBILE ASSISTANT MAHASISWA JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS KOMPUTER UNIVERSITAS POTENSI UTAMA BERBASIS ANDROID. JITEKH, 7(01), 1-6.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Juliawan, D., Puspasari, R., & Sianturi, C. J. M. (2018). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Lcd Proyektor Berbasis Android dan Web Service. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 162-171.

Adhar, D., & Nababan, L. (2016). PERANCANGAN APLIKASI UJIAN SARINGAN MASUK PERGURUAN TINGGI SECARA ONLINE BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN). Techno. Com, 15(3), 217-223.

Pahlefi, M. R. (2015). Rancangan Sistem Informasi Geografis Letak Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kopi Di Sumatera Utara Berbasis Android.

WAHYUNI PANJAITAN, S. R. I. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID.

Putra, T. I., Kurniawan, H., & Nasari, F. (2020). RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH LANTAI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN NAVIGASI ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 37-50.

Sandria, M. H., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SMS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RSA DAN CAESAR CIPHER BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(1), 13-24.

Rifa'i, M., Puspasari, R., & Siregar, E. T. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN TARIF ANGKUTAN UMUM DENGAN PENGGUNAAN GMAP BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 72-81.

Munthe, T., Rahmad, I. F., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Mengatur Jadwal Berbasis Android Yang Terintegrasi Degan Komunikasi Bluetooth. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 99-109.

Yusuf, M. D., Haryanto, E. V., & Destari, R. A. (2019, December). PERANCANGAN SISTEM PENGONTROLAN DISTRIBUSI ALIRAN AIR KERUMAH BERBASIS ANDROID. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 729-738).

Tanjung, D. Y. H. (2019, December). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN ANDROID PADA TOKO YT. WALL INTERIOR. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 717-728).

Arief, R. I., Wahyuni, L., & Puspita, K. (2020). PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA PERANGKAT LUNAK TEBAK HURUF HIRAGANA BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 63-71.

Syahputri, N., Indriani, U., Alfina, O., Astuti, E., Siregar, E. T., & Tanjung, Y. (2019, November). Child Development Application (Toddler) Based on Android. In 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (Vol. 7, pp. 1-5). IEEE.

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., & Lubis, N. I. (2019, November). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1361, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Leman, D., & Akbar, M. B. (2018). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS) UNTUK PENANGGULANGAN KECELAKAAN BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(2), 217-225.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.