Rancang Bangun Aplikasi Geografis Pencarian Lokasi Bimbingan Belajar di Kota Medan Berbasis Android

Muhammad Taufiq, Dahri Yani Hakim Tanjung

Sari


Kemajuan teknologi sangat berpengaruh besar pada perkembangan perangkat mobile saat ini. Perkembangan tersebut menyajikan berbagai informasi yang efisien dan cepat. Dengan aplikasi geografis berbasis android untuk pencarian lokasi bimbingan belajar merupakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis mobile dengan mengintegrasikan Global Positioning System (GPS). Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu sistem yang dapat menjadi alat bantu dan sangat dibutuhkan untuk menyimpan, menganalisis dan memanipulasi. Dengan pemanfaatan GIS dapat memberikan informasi mengenai keberadaan suatu lokasi maupun wilayah yang dapat diakses kapan saja melalui sebuah aplikasi, namun agar dapat di akses lebih mudah sehingga dapat digunakan oleh user, perlunya jalur pengaksesan yang lebih efektif. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Geografis Pencarian Lokasi Bimbingan Belajar di Kota Medan berbasis Android. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan Google Maps. Tujuan dari sistem ini dibuat adalah untuk memberikan informasi lokasi bimbingan belajar di Kota Medan dengan sederhana dan mudah karena dapat digunakan dimanapun pengguna berada dengan menggunakan perangkat mobile berbasis android.


Kata Kunci


Android; Aplikasi Geografis; Lokasi Bimbingan Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yudi, Y., & Fauzi, M. (2018). Implementasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Lokasi Konsumen Mesin Industri Rumah Tangga Berbasis Web (Studi Kasus: Innovation Household Of Life). Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 2(2).

Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

Sanjaya, A. (2014). Sistem Informasi geografis Letak Kolam Renang Umum di Kota Medan Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika.

Fujiati, F., Ekadiansyah, E., & Tanti, L. Sistem Informasi Geografis Kawasan Berpotensi Minyak Bumi di Kabupaten Langkat. Sisfotenika, 4(2).

Chang, C., Andreanus, J., Chan, W., & Verdian, I. (2019). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Tempat Makan Vegetarian di Kota Batam. Jurnal Telematika, 13(1), 55-60.

Susianto, D., & Guntoro, R. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Daerah Titik Rawan Kecelakaan Di Provinsi Lampung. Jurnal Cendikia, 15(2 Oktober), 19-25.

Wahyuningsih, D., & Azzaki, W. (2016). Pencarian Lokasi Tempat Penyewaan Mobil Daerah Kota Pangkalpinang Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 95-100.

Gautama, I. W. W., Putra, I. K. G. D., & Sukarsa, I. M. (2016). Aplikasi Pemetaan Objek Wisata Pantai Bali Selatan Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi).

Maharani, S., Apriani, D., & Kridaklaksana, A. H. (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Masjid di Samarinda Berbasis Web. Jurnal Informatika, 11(1), 9-20.

Swara, G. Y. (2017). Sistem Informasi Geografis Penyebaran Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar Di Kota Padang Berbasis Android. Jurnal Teknoif, 5(2).

Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2017, October). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan dan Pembelajaran Origami dengan Pendekatan ADDIE. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 128-133).

Tahel, F., & Ginting, E. (2018). PENERAPAN APLIKASI FLASH DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MEWARNAI GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS. Jurnal Informatika Kaputama, 2(1), 34-43.

Syahputri, N. (2018). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 1 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama), 2(1).

Rahayu, S. L., & Fujiati, F. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 341-346.

Ekadiansyah, E. (2015). IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN MENGENAL PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 5-9.

Gulo, C., Syahputri, N., & Puspita, K. (2018, July). Sistem Informasi Akuntansi Piutang Nasabah Menggunakan Metode Cadangan (Allowace). In Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 1, No. 1, pp. 710-714).

Siregar, E. T., & Astuti, E. (2017). Implementasi Sistem Informasi Perbaikan Mesin Produksi Keramik Dan Granit Berbasis Web (Studi Kasus PT. Juishin Indonesia). Jurnal Informatika Kaputama, 1(1), 43-47.

Kurniawan, H. (2017, November). PERANCANGAN SISTEM APLIKASI UJIAN SELEKSI PEGAWAI BERBASIS ONLINE. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 312-317).

Kurniawan, H. (2016). Perancangan Aplikasi Sistem Pengendalian Stock Barang Pada UD. Makmur Jaya. Sisfotenika, 6(2), 125-135.

Mangunsong, P., Tanti, L., & Dewi, R. (2018). Aplikasi Game Catur Multiplayer Via Bluetooth Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 118-127.

Suherman, S., & Sari, R. E. (2019). PERANCANGAN APLIKASI PEMBUATAN FORMASI SEPAK BOLA INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA FLASH. JME (Journal of Maritime and Education), 1(1), 24-29.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

RAYDA, M. F., Haryanto, E. V. (2017). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA HARDWARE KOMPUTER DENGAN MARKER BERBASIS ANDROID.

Fujiati, F. (2016). Perancangan Pengembangan Game Ular Melawan Ulat Menggunakan Augmented Reality. Eksplora Informatika, 6(1).

Soeheri, S. (2016). DGBL-ID (Digital Game Based Learning) Sebagai Arsitektur Perancangan Game Edukasi. Jurnal Eksplora Informatika, 6(1), 71-80.

Soeheri, S., Suyanto, M. S. M., & Sofyan, A. F. (2016). GAME EDUKASI “PETUALANG ADIT DAN RARA” DENGAN METODE PHEG (Playability Heuristic Evaluation for Educational Games). SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 2-7.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.