PERANCANGAN APLIKASI STEP COUNTER MENGGUNAKAN GPS BERBASIS ANDROID

Erma Yulinda, Hardianto Hardianto, Budi Triandi

Sari


Kesehatan adalah suatu hal pada manusia yang sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berkualitas serta olahraga yang teratur. Olahraga ialah suatu bentuk usaha menyehatkan diri yang diiringi dengan menjaga pola makan yang sehat. Olahraga yang efektif yang dilakukan serta tidak banyak meluangkan waktu yang lama dan tidak membutuhkan tenaga yang besar, contohnya ialah berjalan kaki atau berjalan santai, berjalan kaki memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Jalan kaki dapat menyehatkan jantung, menyehatkan postur tubuh, mempertajam daya ingat ataupun jasmani dengan cara mengatur pola makan dengan baik dan olahraga secara teratur. Pada dasarnya berjalan merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan, berjalan akan mengikutsertakan seluruh sistem tubuh dengan baik. Bahkan saat ini sedang trend gerakan 10.000 langkah per harinya, namun tidak mudah untuk menghitung berapa langkah yang sudah dilakukan. Melihat begitu pentingnya bejalan kaki pada manusia sebagi bentuk penyehatkan diri, maka penulis inigin membuat sebuah aplikasi android yang dapat digunakan oleh generasi kegenerasi. Aplikasi ini nantinya bertujuan untuk menghitung langkah kaki serta mengetahui lokasi sejauh mana langkah kaki kita berjalan. Maka dari itu dalam perancangan ini peneliti akan mencoba mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang berbasis android dimana dalam percancangan aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses penghitung langkah kaki guna memaksimalkan gaya hidup sehat sehari-hari.


Kata Kunci


Android Studio; penghitung Langkah Kaki; 10.000 langkah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Triandi, B., & Utama, D. T. I. S. P. (2012). “Penemuan Jalur Terpendek Dengan Algoritma Ant Colony”. CSRID Journal, 4(2), 73-80.

Miswandi, M., Haryanto, E. V., & Triandi, B. (2019). “Perancangan Aplikasi Pencarian Route Jalan Tercepat Dengan Metode Lbs Berbasis Android”

Triandi, B. (2010). “Impelementasi Sistem Pemantauan Objek Bergerak Dengan Memanfaatkan Frekuensi Radio Menggunakan GPS (Global Positioning System)”. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 4(1), 31-40.

Rahmad, I. F., & Fragastia, V. A. (2017, October). “Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android”. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 320-324).

Mhd. Idham Khalif, Dahnial Syauqy, dan Rizal Maulana. 2018. “Pengembangan Sistem Penghitung Langkah Kaki Hemat Daya Berbasis D1 Mini” Universitas Brawijaya: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol 2, No 6.

Ibnu Ziad. 2013. “Rancang Bangun Pelacak Lokasi Dengan Teknologi GPS” Politeknik Negeri Sriwijaya: Jurnal Teknologi Dan Informatika (Teknomatika) Vol 3, No 1.

Pratama, A. R., & Widyawan, W. (2013). “Pedestrian Dead Reckoning pada Ponsel Cerdas sebagai Sistem Penentuan Posisi dalam Ruangan”. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 2(3), 20-25.

Rahadi, D.R., 2014. “Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android”. Jurnal Sistem Informasi, 6(1).

Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. “Perancangan Pengontrolan Lampu Rumah Dengan Komunikasi Bluetooth Dan Menggunakan Aplikasi Android”.

Prayudi, M. A., Sianturi, E. V. H., Rahmad, I. F., & Ummi, K. (2014). “Perancangan Robot Line Follower Pemisah Benda Berdasarkan Warna Berbasis Mikrokontroler ATMega16”. Creative Information Technology Journal, 1(3), 183-193.

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). “Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android”. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Rahmad, I. F., & Afrianto, D. “Rancangan Indikator Temperatur Pada Proses Fermentasi Kacang Tanah (Tempe)”.

Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Alfina, O. (2019). SISTEM INFORMASI MOBILE ASSISTANT MAHASISWA JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS KOMPUTER UNIVERSITAS POTENSI UTAMA BERBASIS ANDROID. JITEKH, 7(01), 1-6.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.