Penyandian Database Menggunakan Metode Base64 Dan Rot13

Anjur S. Manullang, Ratih Puspasari, Wiwi Verina

Sari


Base 64 Ialah metode yang digunakan untuk melakukan peyandian terhadap data biner menjadi teks, data biner di sandikan menjadi format 7-bit karakter,namun metode base64 masih di rasa kurang menjamin kerahasiaan. Oleh karena itu peneliti menambahkan metode ROT13 agar keamanannya lebih terjamin. ROT13 (Rotate 13) adalah substitution enkripsi cipher yang biasa diperlukan di dalam sistem operasi UNIX. Pada sistem enkripsi ROT13 digantikan dengan huruf yang sebuah huruf letaknya di atas 13 posisi darinya. Kebanyakan pengelola database tidak memperdulikan masalah keamanan. Padahal keamanan dalam sebuah database sangatlah penting, sebab para pencuri informasi dapat mencuri data-data di dalam database yang tidak memiliki keamnan. Oleh karena itu perlunya diterapkan keamanan dalam sebuah database. untuk melindungi keamanan informasi yang bersifat rahasia untuk keutuhan data dan otentikasi entitas dalam sebuah database dapat terjamin keamanannya, oleh karena itu peneliti merekomendasikan metode menggunakan Base64 dan Rot13, sehingga dengan adanya tehnik kriptografi menggunakan metode Base64 dan Rot13 maka diharapkan database memiliki tingkat yang lebih baik agar pencuri data harus bekerja lebih sulit untuk mendeskripsikan suatu data dan informasi yang sifatnya kerahasiaan yang harus di lindungi dari para pencuri data maka dari itu penulis menyimpulkan judul penyandian database menggunakan metode Base64 dan Rot13.


Kata Kunci


metode ROT13; SQL Server 2008

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sinaga dan Mesran, 2017, “Implementasi Algoritma Rot13 Dan Algoritma Caesar Chiper Dalam Penyandian Teks”, STMIK Budidarma, Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Vol. 16, No. 1.

Apreja, dkk, 2017, “Analisis Tingkat Keamanan Enkripsi Data Menggunakan Algoritma Base64 Endcode”, Universitas Sriwijaya, Jurnal Computer Science and ICT, Vol. 3

Victor ,E, 2014, “Perancagan Alat Stempel Otomatis Lembar Jawaban STMIK Potensi Utama”, Seminar Nasional Informatika

Sri ,R.,2015,“Perancangan Sistem Informasi Dana Subsidi (Studi Kasus : Smp Xyz)” Seminar Nasional Informatika

Tanti , L.,2014,“Sistem Informasi Geografis Kawasan Berpotensi Minyak Bumi Di Kabupaten Langkat” Sistem Informasi Geografis

Kurniawan, H.,2017, “Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Alam Di Provinsi Sumateta Utara Berbasis Mobile Android” Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Alam

Novriyenni,2017,“Perancangan Sistem Informasi Pembelian Tunai (Studi Kasus Koperasi Usaha Tani Mekar Jaya )”,Jurnal Manajemen Infrmatika & Akutansi

Nugraha,H.,2017,“Sistem Informasi Akutansi Pada Pt Prioritas”, Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Triandi, B. Pengembangan Aplikasi Kriptografi Berbasis Bit Inserted Carrier (BIC).

Adhar, D. (2019). Implementasi Algoritma DES (Data Encryption Standard) Pada Enkripsi Dan Deskripsi SMS Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Sembiring, N. S. B. (2018). Perancangan Aplikasi Kriptografi Dengan Metode Modifikasi Caesar Cipher Yang Diperkuat Dengan Vernam Cipher Untuk Keamanan Teks. JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 5(1), 10-17.

Putra, D. I., & Ginting, G. (2017). Perancangan Aplikasi Penyandian Data Text Menggunakan Metode Symmetric Stream Cipher. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 16(3).

Setiawan, A. (2015). Perancangan Aplikasi Steganografi Dengan Algoritma Caesar Cipher Dan Pixel Value Differencing.

Puspita, K., & Wayahdi, M. R. (2015, February). Analisis Kombinasi Metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, Dan Hill Cipher Dalam Proses Kriptografi. In Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Sinaga, M. D., Sembiring, N. S. B., Tambunan, F., & Sianturi, C. J. M. (2018, August). Hybrid Cryptography WAKE (Word Auto Key Encryption) and Binary Caesar Cipher Method For Data Security. In 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-5). IEEE.

Adhar, D. (2017, October). Pengamanan SQLITE Database Menggunakan Kriptografi Elgamal. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 432-437).

Khairani, S., Agustin, F., & Fahmi, A. Rancang Bangun Program Kriptografi Advanced Encryption Standard. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 2(3), 336-353.

Nugroho, A. Y. (2017, November). PEMBUATAN APLIKASI KRIPTOGRAFI ALGORITMA BASE 64 MENGGUNAKAN PHP UNTUK MENGAMANKAN DATA TEXT. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 134-139).

Syahputri, N. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI PENGAMANAN TRANSMISI DATA MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES). MAJALAH ILMIAH METHODA, 9(2), 57-63.

Haryanto, E. V. (2015). Penerapan Metode Adaptif Dalam Penyembunyian Pesan Pada Citra. Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I).

Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Triandi, B. (2017, October). APLIKSASI TES BILANGAN PRIMA MENGUNAKAN RABINMILLER, GCD, FAST EXPONENSIAL DAN FAKTORISASI PRIMA UNTUK DASAR MATEMATIS KRIPTOGRAFI. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 277-232).

Yusfrizal, Y. (2016). Aplikasi Enkripsi Data Menggunakan Metode RSA dan PGP.

Nugroho, A. Y. (2017, November). PEMBUATAN APLIKASI KRIPTOGRAFI

Yusfrizal, Y. (2019). RANCANG BANGUN APLIKASI KRIPTOGRAFI PADA TEKS MENGGUNAKAN METODE REVERSE CHIPER DAN RSA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

Prasetyo, Y., Triandi, B., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Pengamanan File Teks dengan Skema Hybrid Menggunakan Algoritma Enigma dan Algoritma RSA. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 46-55.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.