ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA TOKO ROTI AROMA MEDAN

Eka Wahyuni

Sari


Dalam membentuk loyalitas konsumen, umumnya diperlukan rasa puas dalam diri konsumen saat melakukan transaksi dengan perusahaan. Perusahaan tentunya harus mempunyai strategi dari bauran pemasaran dan kualitas pelayanan yang tepat dalam upaya menciptakan kepuasan yang berdampak kepada loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen melalui kepuasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 orang pelanggan maupun konsumen Toko Roti Aroma dan metode sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis dibantu dengan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produk secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi dan distribusi secara parsial berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Produk, promosi, lokasi, distribusi dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen.

Kata Kunci


Produk; Harga; Promosi, Distribusi, Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almana, La Ode, sudarmanto dan ismail suardi. 2018. Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Akreditasi. Yogyakarta : Dee publish.

Fuad, dkk. 2008. Pengantar Bisnis, Penerbit Gramedia, Jakarta.

Husein, Umar. 2009. Metode Riset Bisnis. Penerbit Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller K Lane. 2012. Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa Benyamin Molan. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. Indeks.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi.Erlangga, Jakarta.

Lovelock, Christopher, dkk. 2010. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy, 2008, Measuring Customer Satisfaction, Penerbit Gramedia, Jakarta.

______________, 2017, Customer Service Satisfaction dan Call Center, Penerbit Gramedia, Jakarta.

______________, 2017, Customer Care Excellence, Penerbit Gramedia, Jakarta.

Setiawina, Nyoman Djinar. 2016. Harapan Rasional Ekonomi Makro. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar, Penerbit Gramedia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.1.2.2019.171-182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor RedaksiĀ Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241