ANALISIS PERILAKU NASABAH DAN LOYALITAS NASABAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KREDIT DI KOPERASI SIMPAN PINJAM BAITUL MAAL WATTAMWILL (BMT) MEDAN JOHOR

Wisnu Rayhan Adhitya

Sari


Dalam jurnal ini akan diulas tentang bisnis simpan pinjam yang mengapa dijadikan pilihan untuk aplikasi pembiayaan oleh masyarakat. Jurnal ini akan membahas perilaku pelanggan dan loyalitas terhadap pengambilan keputusan kredit dalam bisnis simpan pinjam Baitul Maal Wattamwill (BMT). Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda. Variabel penelitian adalah variabel bebas dan terikat. Populasi penelitian ini adalah semua bisnis simpan pinjam Baitul Maal Watamwill. Populasi penelitian ini adalah 100 responden sebagai sampel penelitian, dengan teknik purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penyusunan kuesioner adalah skala Likert. Variabel Perilaku Pelanggan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan kredit (Y), variabel loyalitas pelanggan (X2) secara parsial berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  pengambilan  keputusan  kredit  (Y), perilaku pelanggan (X1) dan loyalitas pelanggan (X2) ) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan kredit (Y) pada bisnis simpan pinjam Baitul Maal Wattamwill (BMT).

Kata Kunci


Customer Behavior; Customer Loyalty; Credit Decision Making

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djohan, Warman, 2000. Kredit Bank, Cetakan Pertama, PT Mutiara Sumber Widya, Jakarta

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hariyanto, 2012, “Pengaruh Sistem Penjualan Kredit Terhadap Peningkatan Omzet Penjualan pada PT Pilar Mas Motor Surabaya”

Husein Umar, 2003, Metode Riset Akuntansi Terapan, Jakarta : Ghalia Indonesia, Cetakan Pertama

Husein Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Thesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Setiadi, Nugroho, 2003, ”Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: Kencana

Lidia Khashoggi (2011) “Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memilih Kredit Perbankan”

Malhotra. 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Moh. Nasir. 2005. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang. (2003). “ Perilaku Konsumen “. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Stuart, GM. Verryn. 2003. Pengantar Hukum Perbankan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.1.2.2019.142-159

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241