Penerapan Komunikasi Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Kantor Bank Syariah Mandiri Cabang Medan)

Tika Nirmala Sari

Sari


Pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan atas kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bank Syariah Mandiri Cabang Medan, Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan informan yang telah ditentukan sebelumnya maupun dengan metode observasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak penerapan komunikasi pemasaran terhadap loyalitas pelanggan. Hasil wawancara terhadap informan menunjukkan kenyataan bahwa para nasabah menyimpan sebagian uangnya di Bank Syariah Mandiri Cabang Medan serta pelayanan yang dirasakan oleh para nasabah sangat baik sehingga para nasabah secara aktif menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Medan, loyalitas yang timbul pada para nasabah disebabkan oleh kepuasan pelayanan yang dirasakan oleh para nasabah.

Kata Kunci


Komunikasi Pemasaran; Loyalitas Nasabah; Pemasaran Jasa Perbankan;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma. Buchari. 2006. Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Angipora, M.P. 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto.S. 2005. Manajemen Penelitian. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi, Raja Grafindo, Yogyakarta.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Effendy. Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Faulkner. David. 1997. Strategi Kompetitif. Yogyakarta.

Griffin, Jill, 2002. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta: Erlangga.

Griffin, Oliver, 2010. Loyalitas Konsumen, Erlangga Gramedia, Jakarta. Halim. Cipta. 2010. Tip Praktis Promosi Online Untuk Berbagai Event. Jakarta.

Hendro, 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiswa Untuk. Mengenal, Memahami, Dan Memasuki Dunia Bisnis, Erlangga, Jakarta. Hurriyati Ratih, 2010. “Bauran Pemasaran dan. Loyalitas Pelanggan”. Jakarta. Kotler. Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

Kotler. Phillip dan Amstrong.1997. Gary. Dasar – Dasar Pemasaran Cetakan Pertama. Jakarta.

Kotler. Phillip dan Amstrong.2001. Gary. Prinsip - Prinsip Pemasaran Jilid 1 Cetakan Kedelapan. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2010. Prinsip – Prinsip Pemasaran (Edisi 13). Jakarta.

Kotler dan Keller, (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition Pearson Prentice.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta Kuncoro, Mudrajad 2010, Masalah, Kebijakan, dan Politik, Ekonomika.

Morissan. M. A. 2010. Periklanan : Komunikasi Pemasaran. Bogor.

Nawawi. Hadari, 1995. Penelitian Terapan. Penerbit Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Paramitha. Aulia Rany. 2010. “Analisis Faktor Kepercayaan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Telkom Speedy. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Peter, Paul J, dan Olson Jerry. 2000. Perilaku Konsumen Dan Strategi.

Purwanto,J. 2003. Komunikasi Bisnis. Edisi 3, Erlangga, Jakarta. Purwanto,J. 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi 4, Erlangga, Jakarta.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran.Penerbit Lindakarya. Bandung.

Shrimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Erlangga. Jakarta.

Singarimbun, M. dan Effendi, S., (2006), Metode Penelitian Survai, Cetakan Kedelapanbelas, Penerbit Pustaka LP3ES, Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi, Raja Bongsu Hutagalung (dan) Frida Ramadini, 2010. Kewirausahaan. Medan: USU Press.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi Edisi 15, Bandung : Alfabeta.

Sukoco, M. Badri.2007. Manajemen Administrasi Perkatoran Modern. Erlangga. Jakarta.

Suyanto, 2005.Metode Penelitian Sosial, Berbagai Alternative Pendekatan, Jakarta, Pranada Media.

Swastha. Basu. 1997. Azas – Azas Marketing. Liberty. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2003. Strategi Pemasaran. Penerbit Liberty. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.4.2.2022.133-146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241