Analisa Minat Pembelian Secara Online Di Era New Normal

Austin Alexander Parhusip, Tika Nirmala Sari, Ratih Anggraini Siregar

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tren belanja di era new normal ditinjau dari preferensi belanja pada website belanja online. Website tempat penelitian dilakukan adalah tokopedia.com. Adapun preferensi pembelian seseorang dapat diketahui melalui tingkat suku bunga transaksi, suku bunga diferensial, suku bunga prima dan preferensi penemuan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Tipe riset yang digunakan dalam riset ini merupakan survei. Subjek riset ini merupakan seluruh siswa di kota Medan yang sempat berbelanja di web Tokopedia. Metode Intensional Sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah 100 orang. Metode pengumpulan informasi memakai kuesioner yang diuji “validitas” serta “reliabilitas”. Metode analisis informasi yang dipakai guna menanggapi hipotesis yakni regresi berganda. Hasil 'penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) orientasi belanja berpengaruh positif terhadap minat pembelian melalui online. (2) Ada keyakinan positif dalam “perubahan” online dalam preferensi belanja online. (3) “Berpengaruh positif” pada variabel “pengalaman berbelanja” terhadap minat beli online. Orientasi pembelian, kepercayaan online, dan “pengalaman berbelanja” secara bersama-sama memiliki dampak positif pada preferensi belanja online. Hal ini ditunjukkan dengan hasil “uji” yang diperoleh nilai “F” sebesar 23,5 pada taraf signifikansi (0,000 < 0,05). Nilai yang disesuaikan dari R2 adalah 0,406 atau 40,6%. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa 40,6% variabel preferensi pembelian dapat dijelaskan oleh variabel orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman berbelanja. Sedangkan sisanya 59,4 dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian.

Kata Kunci


Orientasi Belanja; Kepercayaan Online; Pengalaman Pembelian; Minat Beli;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azizah, N., dan Dewi, C.K. (2016). Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust dan Prior Online Purchase Experience terhadap Online Purchase Intenton (Studi Pada Online Shop Hijabi House). Jurnal Ekonomi. Volume 20 No. 2

Baskara, Hariyadi. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Social Networking Websites).

Durianto, D., dan Liana, C. (2004). Analisis efektivitas iklan televisi softener soft & fresh di Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan consumer decision model. Jurnal Ekonomi Perusahaan.Vol.11 (no.1).

Ferdinand, Augusty. (2002). Structural Equalition Modeling dalam Penelitian Manajemen. BP.Undip, Semarang.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto.,(2007). Sistem-Informasi’Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta:;Andi Offset.

Kotler,.Philip’dan’Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary’Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip’Pemasaran. Edisi’12 Jilid’2. Jakarta: Erlangga.

Kusuma,’D’.F,’dan’Septarini, B.G. (2013). Pengaruh’Orientasi’Belanja’Terhadap’Intensi Pembelian’Produk’Pakaian’Secara’Online’Pada’Pengguna’Online’Shop.Vol’02. Jurnal’Psikologi’dan’Organisasi.’Surabaya: Universitas’Airlangga.

Ling,’Kwek’Choon’et.al. (2010). The’Effects’of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’Online Purchase’Intention. Vol 3. International’Business’Research.’Malaysia.

Mathwick, C., Malhotra,.N. and’Rigdom,’E. (2001).‘Experiential value: Conceptualization, measurement-and’application’in’the’catalog’and’Internet’shopping’environment, Journal’of Retailing, 77(1), 39-56.

Pamungkas,’Y.F.C. (2014).’Pengaruh Orientasi Pembelian, Kepercayaan,’Dan’Pengalaman Pembelian Online Terhadap’Minat’Beli’Online.

Pavlou,’P.’A., dan Gefen, D. (2002). Building Effective Online’Marketplaces with’Institution- based’Trust. Proceedings’of Twenty-Third’International’Conference’on’Information Systems, pp. 667-675.

Samuel, Hatane. (2006). Dampak Respon Emosi Terhadap’Kecenderungan Perilaku’Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel’Mediasi. Vol 8. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Seock, Yoo-Kyoung. (2003). Analysis of’Clothing Website’for Young Consumer Retention Based on A Model of’Consumer Relationship’Management via’Internet. Unpublished’dissertation. Faculty of’the Virginia Polytechnic’Istitude and State’University.

Simamora,’Bilson. (2008). Panduan Riset’Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia’Pustaka Utama.

Sophia. (2014). Pengaruh’Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian Sebelumnya terhadap Minat Beli Pelanggan Secara Online pada’Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi’Universitas Syiah’Kuala.

Suryani,’Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di’Era’Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utama,’L., dan Yuniarwati. (2014). Pengaruh Merek, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Minat’Konsumen Dalam Melakukan’Transaksi Secara Online. Jurnal Ekonomi/Volume XXI, No. 03, November 2016: 420-435.

Weber, K. and’Roehl, W. (1999) “Profiling people searching for and’purchasing travel’products on’the world’wide web”, Journal of Travel Research, 37(3): 291-298

Internet:

Akik. (2015) Hati-Hati Berbelanja’Barang Kw/Palsu tapi’Mengatakan Asli/Natural. Diakses dari https://komunitas.’Tokopedia.com pada-tanggal 18 Mei 2018, pukul19.30 WIB. Avianto,’R. (2015) Pengalaman Ketipu Belanja Online di Tokopedia.com.’diakses dari’http://www.aviantorichad.com pada tanggal-20 Juni 20187, pukul 19.00 WIB.

Nuryadi, A.’(2016) Top 10’Toko Online Indonesia’Paling Sering’Dikunjungi. Diakses dari http://chip.co.id/news/ pada tanggal-20 Juni 2018, pukul 20.00 WIB.

Rusli, H.’(2015) Kebijakan’Tokopedia.com Berpihak Kepada’Pelapak Penipu. Diakses dari https://lapor.net pada tanggal-20 Juni 2018, pukul 20.00 WIB.

https://slemankab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/7 diakses pada tanggal-14 Mei 2018, pukul 19.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.4.2.2022.121-132

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241