Analisis Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learing Dengan Media Daring Pada Mata Kuliah Auditing (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Potensi Utama)

Ridho Gilang Adiko

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peranan model pembelajaran Student Centered Learning dengan media daring pada mata kuliah auditing(studi kasus pada mahasiswa akuntansi universitas potensi utama). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 96 orang, dan sampel penelitiannya berjumlah 20 orang. Pandemi covid  yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, mau tidak mau mengakibatkan proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, menjadi dilakukan secara daring atau menggunakan jaringan internet dan teknologi. Kehidupan new normal dengan kebiasaan baru dan metode belajar yang baru berupa daring tidak serta merta berjalan dengan mulus. Banyak sekali kendala dan hambatan yang dirasakan, seperti kemampuan menggunakan teknologi, sinyal yang tidak baik, kuota yang terbatas, serta kemampuan materi yang juga terbatas. Kemampuan menyerap dan memahami materi dengan media daring juga memiliki banyak kendala. Kesalahn persepdi dari mahasiswa, kurang jelasnya penejelasan dosen, serta terbatasnya waktu untuk diskusi menyebabkan jasil akhir belajar yang kurang maksimal. Karena itulah model pembelajaran Student Centered Learning diharapkan mampu menutupi kekurangan selama proses pembelajaran daring demi memaksimalkan kegiatan pembelajaran auditing.

Kata Kunci


Model pembelajaran Student Centered Learning; media daring; auditing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhe, Kartika Rinakit. 2018. Model Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care & Education (JECCE). Yogyakarta 3 April 2018

Aipni.2012. Pengarug Metode Pembelajaran Dengan Pendekatan SCL (Student Centered Learning) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.Jurnal.Padang: Manejemen Informatika.

Aipni.2013. Pengarug Metode Pembelajaran Dengan Pendekatan SCL (Student Centered Learning) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.Jurnal.Padang: Manejemen Informatika.

Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing (Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik). Edisi 4. Jakarta: Salemba empat.

Agoes, Sukrisno, dan Estralita Trisnawati. 2013. Akuntansi Perpajakan. Jakarta: Salemba empat.

Agoes, Sukrisno. 2014. Auditing (Petunjuk Praktis Pemeriksaan oleh Akuntan Publik). Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Arsyad.2006.Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran SCL Berbasis Situs Jejaring Sosial Geschool Dalam Pembelajaran Tik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Sma Negeri 1 Depok.Skripsi.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Azizah, Maryam Nur. 2011. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jakarta: UPI

Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. Volume XI No. 1 hal. 87

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food, Agriculture and Cunsomer Protection.

Hamalik, Oemar.2007.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2014.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ikatan Akuntan Indonesia(IAI).2001.Standard Profesional Akuntan Publik. Jakarta:Salemba Empat

Mulyadi. 2002. Auditing (Buku1). Edisi keenam. Jakarta : Salemba Empat.

Prabowo, Tommy. 2000. Klien Itupun Tak Memenuhi Syarat. Media Akuntansi No 10/TH, VII/Juni. Hal 57-58.

Priyatmojo, Achmadi., dkk. 2010. Buku Panduan Pelaksanaan Students Centered Learning (SCL) dan Teacher Aesthethic Role-Sharing (STAR). Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada

Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametik. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan. 2006. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13. Bandung : Penerbit Andi Yogyakarta.

Suharto, Henry. 2000. Memahami Bisnis Klien : Berarti Memperkecil Resiko Audit. Media Akuntansi No 6/Th, I/Februari. Hal 40.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Cetakan Ke-9, (Bandung: ALFABETA, hal, 208.

Sugiyono, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sardiman.2007.Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar.jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trinova.Z.2013. Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Pada Materi pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta’lim IAIN Imam Bonjol Padang

Weswood Peter.2008.Student Centered Learning.Jurnal.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.4.1.2022.17-27

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition Journal).

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241